Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Anak saya umur 7 bulan tb 69 bb 7,6. Panas 38.3 disertai batuk pilek dalam 3 hari dan kemudian sembuh (tanpa obat). Seminggu kemudian, panas 38.8 masih batuk pilek rewel agak lemas. Setelah dicek darah, disebutkan NCR (indikator infeksi) sebesar 57 (disebutkan normalnya >5). Kemudian anak saya diopname selama 5 hari, diagnosa DSA bronkitis. Selama opname telah dicek kembali darahnya dan hasilnya NCR berubah menjadi 29, tes mantoux negatif, dan rontgen "terkesan" ada flek. Saat ini, anak saya sudah tidak demam dan batuk pilek lagi, bahkan beratnya sekarang sudah 8,1 kg (dalam waktu 1 minggu pasca opname). Tetapi Sampai hari ini, anak saya masih mengkonsumsi obat yang diberikan oleh DSA. Obat yang diberikan adlah Sanadryl, Cefzil, Pyrazinamide, pyravit sirup, dan INH. Setelah saya baca literatur, ternyata obat2n tsb utk terapi TBC sedangkan anak saya "lulus" dari tes mantoux dan rontgen. Bagaimana pendapat dokter terkait hal ini? Mohon penjelasan yang sebenar-benar dan sejelas-jelasnya. Terima kasih. (wanita, 26 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Pertanyaan dimana putra Ibu usia 7 bln mempunyai keluhan BB 7,6 kg, panas 38, disertai batuk pilek berulang, dengan hasil foto rontgen curiga ada flek, test mantoux negatif. Setelah diterapi Cefzil, Pyrazinamid, INH, Sanadryl, Pyravit Syr, keadaan putra Anda menjadi lebih baik . 
 

Pertanyaan Anda kenapa putra Anda diberikan obat anti tuberkulosa ( Pirazinamid , INH ). Diagnosa Tuberkulosa tidak selalu harus mantoux test positif, tapi didasarkan oleh keluhan pasien, pemeriksaan fisik, dan semua itu ditunjang oleh pemeriksaan laboratorium, rontgen foto dada, dahak bila dapat dilakukan, mantoux test. Apabila keluhan, pemeriksaan fisik dan rontgen foto dada menunjang diagnosa tuberkulosis, maka Dokter tersebut akan memberikan obat anti tuberkulosis. Tapi dokter spesialis anak putra Anda juga memberikan antibiotik  mungkin beliau juga memikirkan kemungkinan penyakit itu kombinasi dengan kuman lain. Apabila Anda kurang puas, Anda dapat melakukan second opinion dengan dokter spesialis anak lain. Pemberian obat anti tuberkulosa biasa di konsumsi selama 6 bulan. Semoga putra Anda cepat sehat kembali.

    0 Komentar

    Belum ada komentar