Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya sdh cek lab hasil yg tidak normal adalah asarm urat 7.8, kreatinin 1.5, eritrosit 6.2, MCV 72, MCH 23, eosinofil 0, neutrofil batang 0, monosit 1, LDL direk 100,.... selain itu normal. Tambahan pinggang kanan kadang nyeri. kadang nyeri disekitar saluran kemih. mohon penjelasannya. (Pria, 40 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Kombinasi antara asam urat, dan LDL yang tinggi perlu diwaspadai untuk dapat terbentuknya batu ginjal. Ditambah lagi dengan kadar kreatinin Anda yang sedikit tinggi. Kreatinin sendiri menggambarkan hasil pemecahan dari fosfat kreatinin di otot dan umumnya secara continue dihasilkan oleh tubuh. Kreatinin yang meningkat  menggambarkan penurunan fungsi ginjal. Kreatinin Anda memang sedikit meningkat yang menggambarkan adanya sedikit penurunan fungsi ginjal. Mengenai MCV, MCH, dan eritrosit  Anda menggambarkan ada anemia defisiensi besi atau anemia yang disebabkan karena kekurangan zat besi.

Keluhan Anda mengenai nyeri pinggang dan saluran kemih sebaiknya ditanggulangi dengan banyak minum air putih dan menjaga kebersihan daerah sekitar kemaluan (jangan lembab). Ditakutkan terdapat infeksi di saluran kemih yang juga dapat disebabkan oleh batu. Apabila nyeri Anda tidak berkurang dengan hal diatas maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mengenai anemia defisiensi zat besi dapat ditanggulangi dengan menambah asupan makanan yang kaya akan zat besi seperti daging dan kerang-kerangan. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar