Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya seorang ibu muda dengan seorang putra berusia 5 tahun. Saya sudah memakai KB spiral sejak usia anak saya 2 bulan. KB spiral yang saya pakai itu yang 8 tahun. Sampai sekarang belum saya ganti karena memang selama ini saya tidak merasakan keluhan sama sekali dengan alat kontrasepsi tersebut. Saya merencanakan hamil lagi pada saat anak saya berusia 7 tahun. Yang ingin saya tanyakan apakah benar bila seorang ibu yang memakai spiral terlalu lama seperti lebih dari 5 tahun maka kemungkinan untuk hamil lagi itu jadi sulit. Karena saya sering mendengar cerita dari orang2 yang sudah pernah mengalami hal tersebut. Apakah hal itu memang benar? apa pengaruhnya? dan berapa lama sebaiknya spiral itu di buka atau di ganti. Saya baru mendapatkan haid lagi setelah anak saya berusia 1 tahun 3 bulan. Apakah itu berarti saya kurang subur? Karena banyak keluarga saya yang 3 bulan setelah melahirkan langsung haid secara normal. Saya harap diberikan jawaban yang dapat saya mengerti. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih (Wanita, 24 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Pertanyaan Ibu mengenai :

 
  1. Pemakaian spiral lebih dari 5 tahun , apakah dapat mempersulit terjadinya kehamilan ?
 
Jawabannya tidak , kecuali ada infeksi kelamin yang pernah atau sedang dialami . Juga tergantung usia , dimana bila seseorang lepas KB diatas usia 35 th akan lebih sulit mengandung dibandingkan usia 20 tahun .
 
  1. Berapa lama pemakainan spiral ?
 

Jawab : lamanya pemakaian spiral tergantung lamanya usia spiral yang Anda pilih untuk digunakan. Karena bila Anda tidak melepaskannya setelah habis usia spiral, maka dapat terjadi kehamilan karena tembaga yang melapisi spiral tersebut sudah habis .

Anda baru mendapat haid kembali stelah putra Anda berusia 1 tahun 3 bulan, biasanya disebabkan karena Anda menyusui. Karena menyusui adalah suatu bentuk KB alami, dimana pada waktu menyusui hormon latase meningkat sehingga hormon estrogen menurun. Hormon estrogen adalah salah satu hormon kesuburan. Ada baiknya Anda rutin untuk melakukan kontrol spiral ke Dokter spesialis kandungan supaya rencana Anda dapat berjalan dengan baik .

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar