Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
saya melakukan kuret kurang lebih 4 bln lalu (akhir mei 2008) setelah mengalami pendarahan pada usia kandungan sekitar 12 minggu,dokter menyatakan blighted ovum, kemudian saya melakukan suntik KB 3 bulan pada awal juli 2008, awal Agustus saya menstruasi dan sampai saya mengirim e-mail ini menstruasi saya belum berhenti, bidan sudah memberi primolut tapi tidak terjadi reaksi apa-apa. Apakah kondisi seperti ini wajar karena efek KB atau perlu pemeriksaan lebih lanjut. Perlu diketahui saya mempunyai penyakit gatal menahun. Sebelum menstruasi pada awal agustus saya periksa ke dokter kulit yang kemudian diketahui bahwa saya mempunyai kecenderungan alergi yang menyebabkan gatal. Lalu dokter memberi suntik untuk alergi tersebut. Apakah kondisi saya sekarang ada kaitannya dengan suntik alergi tersebut, dan apakah berbahaya melakukan suntikan tersebut pasca kuret? Dan apakah penyebab blighted ovum, apakah memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti tes laborat dan sebagainya..terimakasih (Wanita, 27 tahun)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Kondisi Ibu yang mengalami menstruasi memanjang dapat disebabkan karena efek samping KB suntik 3 bulan yang Ibu lakukan. Hal tersebut manandakan adanya ketidakcocokan pemakaian karena isi dari KB suntik 3 bulan itu adalah medroxyprogesterone asetat (Depo-Provera) yaitu hormonal yang dapat mempengaruhi kadar hormon  di dalam tubuh.  Untuk mengatasinya adalah dengan menghentikan suntikan KB tersebut dan mengkonsumsi pil KB. Efek dari konsumsi pil KB ini tidak akan secara instant menghentikan perdarahan namun membutuhkan waktu.

Tidak ada hubungannya suntik alergi dengan gejala yang Ibu alami sekarang. Dan juga tidak berbahaya meskipun dilakukan setelah kuretase. Suntik alergi umumnya berisi antihistamin dan atau kortikosteroid yang tidak memiliki korelasi dengan hormonal.

Blighted ovum dapat disebabkan karena pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah. Pasangan sebaiknya memeriksakan beberapa tes apabila didapatkan kondisi keguguran yang berulang kali. Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar