Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
anak saya laki2 19 bln punya kebiasaan mempermainkan burungnya. apa dampaknya scr medis dan psikologis. selain itu lidah anak sering sekali seperti sariawan yaitu seperti luka2 merah berbentuk bulat. tapi anak saya tidak pernah mengeluh sakit dan nafsu makannya juga tetap normal. cuma jadi sering ngeces agak berlebihan. (Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 31, Tinggi Badan = 158 cm, Berat Badan = 55 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Perkembangan psikoseksual anak menurut Freud terbagi atas 5 fase :
1. Fase oral : antara 0 - 18 bulan
2. Fase Anal : 18 - 36 bulan
3. Fase Phallic : 3-6 tahun
4. Fase Latency : 6 tahun samai pubertas
5. Fase Genital : Pubertas dan seterusnya

Anak Ibu seharusnya berada di fase anal dimana pada fase ini anak sedang senang-senangnya memainkan kotoran (feses) dan anak sedang belajar toilet training. Dalam kasus ini, anak Ibu maju pada fase phallic, di fase ini anak sedang senang memainkan alat kelaminnya karena rangsangan pada kelaminnya merupakan mainan yang menyenangkan bagi anak, terutama bila sedang menyusui dan bermain dengan mainan lain. Namun bukan berarti bahwa anak dewasa sebelum waktunya, ini merupakan tahap perkembangan. Tidak ada masalah fase ini maju kurang lebih 2 tahun selama yang lainnya masih dalam batas normal. Apabila anak sedang memainkan alat kelaminnya dapat dialihkan perhatiannya ke mainan atau benda lain dengan lembut, namun apabila anak terlalu berlebihan. Apabila biasa saja maka tidak usah dilakukan apa-apa karena itu adalah tahapan perkembangan yang harus dilalui oleh anak.

Mengenai merah-merah bulat di lidah anak apabila tidak didapatkan keluhan maka bukanlah sariawan namun dapat disebabkan karena lidah yang tidak dibersihkan sehabis makan (dengan pembersih lidah) atau merupakan penanda alergi. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar