Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dok, bagaimana cara menghitung masa subur yang tepat, kami menikah sudah 7 tahun tp belum punya anak. Mens istri saya pasti maju kurang lebih satu minggu, apakah itu normal?terima kasih. (Jenis Kelamin = Pria, Umur = 35, Tinggi Badan = 165 cm, Berat Badan = 80 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Melihat keterangan Bapak, kemungkinan Ibu menstruasinya teratur, dengan maju 1 minggu setiap bulannya. Hal tersebut masih normal. Siklus haid yang kita bilang normal berkisar 21-35 hari, @ 3-7 hari, dengan 2-4 pembalut setiap hari. Masa ovulasi atau keluarnya sel telur umumnya dihitung 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Contoh :

  • HAri pertama menstruasi tanggal : 1 September 2008,
  • Bila maju 1 minggu yang berarti siklus 21 hari, maka mentruasi berikutnya jatuh pada tanggal : 22 September 2007
  • Masa subur dihitung 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya (22 September) sehingga jatuh pada tanggal 8 September
  • Kurang lebih bila diberikan rentang waktu, masa subur akan berlangsung sejak tanggal  7-15 September.

Saya harap Bapak mengerti dengan penjelasan saya. Namun perlu diingat bahwa hitungan diatas hanya dapat diterapkan bila siklus menstruasi Ibu teratur. Apabila Bapak dan Ibu belum memiliki keturunan selama 7 tahun sedangkan hubungan seksual dilakukan secara teratur, maka saya sarankan Ibu dan Bapak untuk periksa kesuburan di dokter kebidanan. Untuk Ibu akan dilakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah ada kelainan anatomi saluran reproduksi dan pemeriksaan hormonal bila diperlukan. Untuk Bapak akan diperiksa kualitas dan kuantitas sperma. Pemeriksaan kesuburan ini berguna, karena apabila didapatkan suatu masalah bisa diobati secepatnya. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar