Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Saya mau konsultasi. Saya pernah periksa jantung. Dan di situ ditemukan bahawa katup jantung sebelah kiri yaitu antara ventrikel dan atrium mengalami prolaps. Itu berbahaya atau tidak? (Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 20 thn, Tinggi Badan = 157 cm, Berat Badan = 54 kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang terhormat,

Prolaps Katup jantung Anda tanpa ditemukan adanya kebocoran, tidak memerlukan tindakan apa-apa. Terkadang memang terasa nyeri di dada atau debaran jantung berlebihan, yang membuat pasien tak nyaman. Obat-obat golongan beta blocker yang dapat membuat denyut jantung berkurang, umumnya membantu pasien seperti ini.

Prolaps Katup jantung tak bisa normal dengan sendirinya, tetapi anda jangan khawatir, banyak orang yang hidup sampai tua tanpa masalah meskipun katup mitralnya prolaps. Kelainan ini sering dijumpai pada pasien yang kurus (dadanya pipih) atau pasien dengan kelainan kelenjar tiroid.

Yang penting anda jangan melakukan aktivitas fisik berlebihan, misalnya olah raga angkat beban yang berat, lari maraton 5-10 km. Semua ini dapat membuat prolaps bertambah berat bahkan putus chordae (penyangga katup) dan bocor katup mitral berat secara tiba-tiba.

Terima kasih.

(Tim Redaksi klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar