Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
saya penderita hemofilia. dan sudah tergabung di organisasi Hemofili indonesia dan dunia. Yang ingin saya tanyakan adalah sudah sejauh mana perkembangan pengobatan hemofilia sekarang?? Apakah ada makanan/minuman yg dapat meningkatkan faktor pembekuan darah...? Terimakasih atas info nya. ( Jenis Kelamin = Pria, Umur = 27, Tinggi Badan = 165 cm, Berat Badan = 70 kg )
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Terapi awal dapat disuntikkan DDAVP untuk membantu meningkatkan faktor pembekuan untuk menghentikan perdarahan. Lalu untuk beberapa penderita hemofilia yang memiliki antibodi inhibitor terhadap faktor  VIII (komplikasi hemofilia) dapat menggunakan 2 jenis agen hemostatik yang bekerja dengan  mekanisme berbeda yaitu activated prothrombin complex concentrate (aPCC) dan recombinant factor VIIa (rFVIIa). Kombinasi antar aPCC dan rFVIIa juga dapat digunakan untuk  manajemen perdarahan sendi bagi pasien hemofilia.

Profilaksis atau pencegahan hemartrosis  dan artropati pada pasien hemofilia A berat dapat dilakukan dengan infus rutin konsentrat faktor VIII. Saat ini sedang banyak dilakukan penelitian mengenai terapi pengngantian gen yang dapat menyembuhkan hemofilia dalam jangka panjang. Namun terapi gen ini masih dalam tahap penelitian oleh binatang percobaan dan masih harus disempurnakan. Tidak ada jenis makanan atau minuman yang dapat meningkatkan faktor pembekuan darah karena hemofilia merupakan penyakit genetik yang diturunkan dan tidak berhubungan dengan lingkungan. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar