Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 27 thn, Tinggi Badan = 156 cm, Berat Badan = 46 kg, Dear Dok, Baby saya yang terkena morbili sudah sehat sekarang. Kemarin pada saat saya pulang kerja, saya ganti diapers baby saya, dan saya kaget banget karena di daerah kemaluan dan sekitar anus warna kulitnya merah banget Saya berasumsi hal itu adalah ruam popok pada bayi. Saya bersihkan dengan air hangat, saya keringkan, dan tidak saya pakaikan diapers dulu. Malamnya sebelum tidur, saya beri esperson cream tipis2 pada kulit baby saya yang merah itu. Saya pikir apakah mungkin itu disebabkan pengasuhnya tidak membersihkan daerah kemaluan dan anus baby saya setiap habis pup atau pipis dengan bersih, atau hanya menggunakan tissue basah saja. Menurut dokter tindakan saya sudah benar untuk membersihkan baby saya dengan air hangat setelah pup atau pipis? Saya takut kalau sering terkena air, kulit baby saya jadi lecet. Baby saya perempuan, umurnya 6,5Months, BB 8,1Kg, Panjang badan 69Cm. Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih. (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Senang mendengar baby Ibu sudah sehat kembali.

Yang terjadi pada baby Ibu memang ruam popok atau Diaper Rash. Ruam popok ini disebabkan oleh iritasi kulit akibat popok menggesek kulit karena terlalu kencang. Iritasi juga dapat disebabkan baby Ibu memakai popok yang basah atau kotor dalam jangka waktu lama. Kulit baby juga dapat teriritasi dengan sabun atau beberapa merek popok. Yang sebaiknya Ibu lakukan adalah :

  1. Sering memeriksa popok baby dan menggantinya apabila basah.
  2. Pelan-pelan bersihkan area kemaluan dan anus. Gunakan air hangat dengan atau tanpa sabun yang tidak iritatif, namun hindari menggosok area ini terlalu sering karena dapat  mengakibatkan lecet.
  3. Biarkan kulit mengering sempurna sebelum memakaikan popok kembali.
  4. Hindari penggunaan produk baby yang mengandung alkohol di area ruam.
  5. Gunakan produk yang menganduk petroleum (vaselin) atau zink oksida untuk melindungi kelembaban kulit baby Anda.
  6. Biarkan baby tanpa popok dahulu.
  7. Espersons cream dapat Ibu gunakan apabila semua tindakan yang saya sebutkan diatas tidak berhasil menghilangkan ruam. Penggunaan espersons hanya dibolehkan dalam waktu singkat.

Yang Ibu lakukan seudah benar. Umumnya ruam popok akan menghilang dalam waktu 2-3 hari dengan perawatan yang benar. Namun apabila ruam tidak sembuh juga dalam waktu 1 minggu atau muncul lenting lenting dan bentol-bentol kecil disertai dengan demam, serta ruam melebar ke area tubuh lain seperti lengan atau wajah, maka sebaiknya Ibu membawa baby Ibu ke dokter. Semoga dapat membantu.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar