Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 24, Tinggi Badan = 154 cm, Berat Badan = 81 kg. dok saya mau tanya, 9 bulan belakangan ini, siklus haid saya sangat tidak teratur, pernah saya tidak haid selama 3 bln, sesudah itu saya haid tapi hanya berupa flek-flek coklat, tidak terlalu banyak, kemudian saya tidak haid lagi selama 2 bulan. haid terakhir saya awal juli 2008 ini, saat itu tiba-tiba darah haid saya menjadi sangat banyak dan berlangsung sampai krg lbh 4-5 hr,, tp bln ini sy blm haid. sy jd khawatir dok,,apakah ada kelainan di organ reproduksi sya? sy takut kena PCOS dok,,tp sy prnh di USG,dan drSpOG nya blg ovarium sy dan uterus sy baik2 saja.. mohon konsulnya dok..thx a lot.(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari Yang Terhormat,

Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, diantaranya kehamilan, kelainan endokrin (diabetes melitus, PCOS, penyakit cushing, disfungsi tiroid, kegagalan ovarium prematur, hiperplasia adrenal kongenital), tumor (ovarium, adrenal, prolaktin), dan gangguan yang berhubungan dengan kesehatan ( obat, stres, latihan fisik berlebihan, gangguan pola makan). Anda mengatakan baru 9 bulan ini tidak teratur, berarti sebelum ini menstruasi Anda teratur? Apabila benar sebelum ini teratur berarti bukan kelainan kongenital dan terdapat suatu pencetus atau penyebab yang perlu dievaluasi secara cermat. Anda mengalami oligomenore yang bergantian dengan menoragi namun gejala  oligomenore lebih dominan. Kita coba persempit penyebab di atas :

  1. Dari hasil pemeriksaan USG Anda tidak didapatkan adanya kelainan anatomi, yang berarti terdapat penyebab lain selain anatomi
  2. Apabila Anda belum menikah maka kemungkinan kehamilan disingkirkan
  3. Gangguan yang berhubungan dengan kesehatan: Anda dapat melihat lagi pola hidup yang Anda jalani, apakah Anda melakukan latihan fisik berlebihan, stres yang berkelanjutan, mengkonsumsi obat-obatan teratur (danazol, obat psikotropik), memiliki gangguan pola makan seperti bulimia atau anoreksia. Apabila pola hidup Anda tidak seperti yang saya sebutkan di atas maka penyebab ini dapat disingkirkan .
  4. Tumor mungkin lebih banyak terjadi pada usia senja dan memiliki gejala lain seperti penurunan berat badan dan penurunan nafsu makan
  5. Kelainan endokrin. Kelainan ini merupakan penyebab paling banyak dari menstruasi yang tidak teratur.

Kita bahas lebih dalam.

PCOS yang Anda sebutkan merupakan gangguan pada wanita akibat hormonal imbalance. PCOS menyebabkan hiperandrogenisme pada wanita yang mengakibatkan terjadinya amenore dan oligomenore. Terjadi pada 1 dari 15 wanita dan umumnya pada usia reproduktif. PCOS dapat menjadi penyebab mentruasi iregular yang Anda miliki, selain gangguan menstruasi PCOS memiliki gejala lain seperti jerawat,  rambut rontok (androgenik alopesia), gangguan kesuburan, diabetes melitus (10%), rambut-rambut halus tumbuh di wajah dan badan, dan obesitas (50%). Faktor risiko yang Anda miliki berdasarkan data yang Anda berikan adalah obesitas. Selain itu apabila di keluarga Anga terdapat riwayat PCOS, menstruasi iregular, atau diabetes maka PCOS dapat kita curigai. Pemeriksaan lanjutan yang dibutuhkan untuk Anda adalah pemeriksaan laboratorium untuk memeriksa kadar hormonal diantaranya adalah kadar testosteron (peningkatan level testosteron bebas mendindikasikan hiperandrogen) dan gula darah. Pemeriksaan hormonal juga dapat menyingkirkan penyebab lain seperti tiroid atau kelenjar lain yang dapat mengakibatkan gejala yang sama.

Kemungkinan besar penyebab gangguan menstruasi yang Anda miliki setelah kelainan anatomi disingkirkan adalah kelainan hormonal. Pemeriksaan lebih lanjut sebaiknya dilakukan untuk mencari penyebab dasarnya. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan lebih lanjut lagi mengenai gejala yang Anda miliki dan pemeriksaan apa saja yang harus Anda lakukan untuk menemukan penyebab dari oligomenore yang Anda alami. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar