Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 21 thn, Tinggi Badan = 155 cm, Berat Badan = 49 kg, pagi dok, dok saya mau tanya kenapa ya keputihan saya itu sampai kental bget nirip lem, tapi ga' sakit dan ga' bau. yang saya mau tanyakan normal ga' sich kalo keputihannya itu kental gitu, soalnya saya pernah denger keputihan yang normal cair dan ga' bau. makasih ya dok. (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan. Cairan ini normal keluar di saat sebelum dan sesudah menstruasi, gangguan hormonal, dan dalam keadaan stress.

Keputihan yang normal terjadi adalah keputihan tidak terlalu banyak, bening, tidak panas, dan tidak gatal. Lendir vagina atau lendir dari serviks (leher rahim) akan bervariasi sesuai dengan siklus hormonal. Apabila seorang wanita berada di dalam periode subur maka ditandai dengan lendir yang jernih, encer, dan licin. Sesudah fase ovulasi (pengeluaran sel telur) maka lendir akan berubah menjadi berwarna putih seperti susu, sedikit lengket, dan kental. Keputihan yang Anda alami kemungkinan adalah ketika Anda sedang dalam fase post ovulasi atau ketika Anda sedang dalam kondisi terlalu lelah. Selama tidak ada keluhan maka keputihan tersebut normal terjadi.

Keputihan yang abnormal harus diatasi dengan obat sesuai penyebab. Namun untuk keputihan yang umum terjadi dapat diatasi dengan menjaga kebersihan vagina dan hindari lembab pada celana dalam dengan cara menyeka vagina dengan handuk atau tisu setiap kali BAK atau BAB dan berganti celana dalam setiap terasa lembab, berkeringat, atau basah. Semoga dapat membantu.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar