Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 22, Tinggi Badan = 165 cm, Berat Badan = 60 kg, Sore dok saya Syasya mau Tanya mengenai haid/datang bulan dari awal haid umur 13 tahun sampai sekarang usia 22 tahun haid ku belum juga ada kemajuan, maaf Dok, seperti keluar darah haid cuma sedikit, pernah 2 minggu nga berhenti-berhenti, pernah seminggu sekali udah haid lagi, dan pernah 2 - 3 bulan sekali tidak haid. apakah mungkin siklus seperti itu masih wajar Dok? dan sekarang saya haid kadang cuma 3 hari dan dengan siklus tidak normal, seperti 2 bulan sekali, kalo check ke dokter kandungan cuma di kasih obat seperti obat KB yang jumlah nya 21 tablet. saya lupa namanya yang pasti belakangnya ada bacaan " Salut" terdiri dari 2 warna tablet merah tua dan putih gading, dan kenapa ya Dok, seumpama saya kecapean dan stress dikit pasti keluar darah or keputihan. klo darah kan bukan masuk ke siklus datang bulan. apakah mempengaruhi dengan itu jika saya cape or stress???, terimaksih atas waktu yang dokter berikan untuk menjawab pertanyaan saya(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Semua siklus mentruasi yang Anda katakan masuk ke dalam kategori siklus irregular. Siklus ini dapat berlangsung sampai tahunan dan disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya adalah kelainan hormonal, infeksi, kelainan anatomi rahim (mioma, polip, kanker), PCOS (sindrom polikistik indung telur), obat-obatan, dan gaya hidup. Obat KB yang diberikan itu kemungkinan karena dokter yang Anda kunjungi mencurigai kelainan hormonal yang melatarbelakangi siklus ireguler yang Anda miliki. Kelainan hormonal memang merupakan penyebab terbanyak pada remaja dan dewasa muda. Stress sendiri merupakan salah satu penyebab gangguan siklus menstruasi. Ketika Anda stress dan mengalami keputihan itu dapat dikatakan wajar, namun apakah keluar darah tersebut merupakan flek-flek yang berlangsung saat itu saja ataukah dapat berlangsung sampai 2-3 hari? Keluar flek ketika stress kemungkinan adalah perdarahan di antara waktu menstruasi atau disebut metroragia yang paling banyak disebabkan oleh kelainan hormonal. Siklus iregular pada beberapa wanita dapat merupakan penyesuaian di dalam keseimbangan hormonal, hal ini dapat berlangsung sampai tahunan.

Gaya hidup sendiri juga harus diperbaiki, diantaranya :

  1. Kurangi stress
  2. Diet makanan sehat dengan asupan vitamin dan mineral yang cukup
  3. Jangan berolahraga terlalu keras dengan asupan makanan yang kurang atau melakukan program pengurangan berat badan terlalu ketat
  4. Jangan mengkonsumsi obat-obatan yang tidak diperlukan tubuh

Dengan siklus tidak teratur ini, kami sarankan untuk mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter kebidanan dan kandungan Anda. Siklus iregular dapat mempengaruhi kesuburan. Sebaiknya dicari penyebabnya dan selalu dievaluasi terapi yang diberikan oleh dokter  Anda, apakah terdapat kemajuan atau perubahan atau tidak.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar