Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 24 thn, Tinggi Badan = 150 cm,Berat Badan = 55 kg, pengobatan ASMA yg terbaik di Jakarta thx (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Penanganan Asma di Indonesia diadopsi berdasarkan GINA atau Global Initiative For Asthma. Apabila Anda tergolong penderita asma sedang-berat, maka sebaiknya Anda ke dokter spesialis paru dan menangani asma Anda bersama dokter yang merawat Anda. Penanganan asma yang dilakukan terdiri atas 4 hal :

  1. Membangun hubungan dokter-pasien yang berarti di dalam hal ini Anda akan dijelaskan mengenai asma dan rencana yang akan dibuat antara dokter dan Anda untuk menangani masalah asma yang Anda miliki.
  2. Mendeteksi dan menghindari faktor risiko penyebab asma. Anda sebaiknya mengenali faktor pencetus timbulnya serangan asma yang Anda miliki sehingga Anda dapat menghindarinya. Poin ini adalah poin paling  penting untuk dilakukan. Faktor pencetus berbeda-beda untuk setiap orang. Ada dingin, debu, bulu binatang, asap polusi, alergen indor (kutu, kecoa, jamur), makanan atau pengawet makanan, obat, vaksin, obesitas, stres emosional, dsbnya. Di Jakarta ini mungkin asap penyebab polusi dapat merupakan pencetus asma yang cukup banyak. Intinya adalah Anda haru mengetahui pencetus asama Anda dan hindarilah!!!
  3. Mengontrol asma Anda dan memonitoringnya dengan obat-obatan. Berdasarkan gejala yang Anda miliki (seberapa sering dan seberapa parah kambuhnya), Anda akan memiliki 2 macam obat yaitu reliever (ketika terjadi serangan) dan controller (menjaga agar asma tidak kambuh). Obat-obatan yang dipakai akan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda
  4. Dan yang terakhir adalah bagaimana cara mengatasi serangan asma yang tiba-tiba datang.

Pada situasi ini Anda harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan bila terjadi serangan. Anda dapat membaca lebih lanjut lagi mengenai asma di Indeks Penyakit kami Bagian Penyakit Dalam dengan judul Asma. Selain itu Anda dapat membaca di Tips Hidup Sehat kami dengan judul Pengatahuan Praktis Tentang Asma.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar