Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 25 thn, Tinggi Badan = 155 cm, Berat Badan = 45 kg. Dok, saya mempunyai keluhan di alat kelamain saya. ini kali pertama saya mengalaminya, sudah beberapa bulan sampai sekarang, setiap hari saya mengalami keputihan yang berlebihan & mengeluarkan bau amis yang menyengat sekali sampai2 baunya tembus ke celana jeans. saya malu kalau sampai tercium oleh orang lain. saya merasa jadi tidak nyaman. saya sudah coba dengan minum pil keputihan & pembersih kewanitaan tapi tetap saja tidak mempan. saya belum coba datang untuk periksa ke dokter kelamin. apakah ini terjadi karena saya hampir setiap hari melakukan hubungan badan dengan lelaki yang belum disunat? atau karena stress? atau karena apa dok?tolong segera berikan jawabannya karena saya merasa tidak nyaman. apa yang harus saya lakukan & apa ada obat untuk menghilangkan keputihan & baunya yang menyengat? terima kasih. (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan. Cairan ini normal keluar di saat sebelum dan sesudah menstruasi, gangguan hormonal, dan dalam keadaan stress.

Cairan keputihan yang Anda alami, berbau amis dan sangat kuat serta berlebihan mengarah terhadap infeksi bakteri. Pada bakterial vaginosis, bau yang tercium seperti bau ikan atau amis, keputihan yang dialami tipis dan berwarna putih keabu-abuan. keputihan ini terutama terjadi setelah berhubungan seksual. Kemungkinan parasit juga masih ada atau yang sering terjadi adalah trichomonas vaginalis yang memiliki gejala hampir sama namun keputihannya berbusa disertai rasa gatal, panas di sekitar vagina.

Obat-obatan yang diberikan tergantung dari penyebab keputihan. Kedua infeksi di atas merupakan Penyakit Menular Seksual yang hanya atau terutama ditularkan melalui hubungan seksual.

Sebaiknya Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk konsultasi lebih lanjut.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar