Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 32, Tinggi Badan = 168 cm, Berat Badan = 62 kg, saya baru saja melakukan cek lab untuk hematologi rutin, glokosa sewaktu, urea N, Kreatinin, asam urat, urine rutin. secara umum hasilnya normal, namun ada hal yang tidak normal yaitu:
1.) neutrofil 41.2% (referensi 50-70%) --> neutropenia neutrofil absolut 2.64 (referensi 1.8 - 8.0 10^3/uL) --> normal
2.) limfosit 50.1 (referensi 25-40%) --> lymphocytosis limfosit absolut 3.20 (referensi 0.9 - 5.2 10^3/uL) --> normal
pertanyaan:
tolong dijelaskan perihal neutropenia & lymphocytosis serta dampak negatifnya, trims. (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Saya akan berusaha untuk menjawab pertanyaan Anda, walaupun informasi yang Anda berikan sangat minim. Sebaiknya Anda juga memberikan informasi mengenai hematologi rutin yang lain, karena satu sama lain sangat berhubungan, meskipun hasilnya normal. Pertanyaan Anda mengenai neutrophnia dan limfositosis, pertama-tama saya akan menerangkan tentang neutrophil dan limfosit secara singkat.

Dalam darah ditubuh kita terdiri dari sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (lekosit) dan juga sel pembeku darah (trombosit). Sel darah putih kita terdiri dari beberapa komponen sel seperti; netrophil (batang dan segment), limfosit, eosinophil, basophil, dan monosit. Sel-sel ini biasanya kita lihat terutama apabila nilai lekosit rendah atau tinggi. Apabila normal, tetapi kondisi Anda dimana terdapat netropenia dan lmfositosis, biasanya pasien mungkin saat ini sehat tapi Anda baru saja sembuh dari sakit infeksi seperti batuk pilek (yang sedang banyak sekarang ini), atau infeksi lainnya.

Saran saya, ada baiknya Anda istirahat dan makan yang cukup untuk menjaga stamina Anda agar dapat fit seperti sedia kala. Semoga informasi ini dapat sedikit melegakan Anda.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar