Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 39, Tinggi Badan = 160 cm, Berat Badan = 66 kg. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas jawaban terhadap pertanyaan saya mengenai pertumbuhan BB normal pada waktu hamil kemarin siang. Menyambung pertanyaaan dokter, BB saya sebelum hamil adalah 65 kg, tapi kemudian pada waktu usia kehamilan menginjak 5 minggu-8 minggu saya tidak mau makan karena mual, yang akhirnya BB turun menjadi 64 kg, setelah mual berkurang, di usia kehamilan 8-12 minggu, BB saya naik 2 kg, tapi menginjak usia kehamilan 14-terakhir saya cek kemarin ini kenaikan BB saya hanya 0,5 kg padahal saya sudah banyak makan lho, asupan gizi juga baik, dalam arti saya juga minum susu, tapi susu kedelai saja, karena saya tidak menyukai susu ibu hamil, sesekali juga saya konsumsi es krim. Bagaimana dok ? karena saya kurang bisa menghitung dengan rumus yang diberikan dokter sebelumnya. Terima kasih atas jawabannya.(klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari yang Terhormat,

Apabila BB Ibu sebelum hamil adalah 65 kg maka Indeks Massa Tubuh Ibu adalah :

IMT = BB/(TBxTB) = 65 / (1.6x1.6) = 25,4 kg/m2 yang berarti Ibu termasuk ke dalam
kriteria Overweight atau berat badan berlebih. Kenaikan berat badan Ibu sebaiknya saat ini 0,5 kg per minggu. Wanita hamil pada triwulan 2 dan 3 sebaiknya menambahkan ekstra 300 kalori dibandingkan porsi makan biasanya. Berdasarkan American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) direkomendasikan peningkatan 4 grup porsi makanan yaitu :

  • 4 porsi atau lebih buah dan sayuran
  • 6-11 jenis hidangan biji-bijian seperti gandum, jagung
  • 4 gelas atau lebih susu atau produk susu
  • 3 porsi atau lebih daging, ayam, ikan, telur matang, kacang-kacangan

Apabila Ibu sudah mengkonsumsi makanan sehat dan ternyata peningkatan berat badan tidak sesuai maka konsultasikanlah ke dokter kandungan Ibu. Pada beberapa wanita hamil dengan permulaan berat badan berlebih seperti yang Ibu alami, peningkatan berat badan terkadang tidak terlalu banyak. Asalkan selama pemeriksaan bayi Ibu berada dalam kondisi sehat dan pertumbuhan serta berat badan janin Ibu dalam kandungan berada di dalam batas normal maka tidak masalah seberapa besar peningkatan berat badan yang Ibu alami, dalam arti kata tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun terkadang peningkatan berat badan yang terlalu sedikit juga dapat mengakibatkan Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR), hal tersebut dapat dihindari dengan selalu kontrol kehamilan mengenai kondisi janin Ibu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar