Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 21, Tinggi Badan = 167 cm, Berat Badan = 50 kg, dok,,biasa nya yang kena penyakit leukimia(stadium 1) itu bisa di sembuhkan tidak..??dan gejala yang di timbulkan itu apa saja dok..??(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Leukimia dibagi ke dalam 4 subtipe yaitu leukemia mielositik kronik, leukimia mielositik akut, leukemia limfositik kronik, dan leukimia mielositik kronik. Pengobatan diberikan bergantung pada subtipe yang didapatkan. Lebih dari 90% penderita dapat dikendalikan penyakitnya setelah kemoterapi awal. Tujuan dari kemoterapi yang dilakukan adalah mencapai remisi total, yang berarti pasien bebas dari penyakit dan tidak kambuh lagi. Setelah diberikan pengobatan awal akan diberikan pengobatan tambahan (konsolidasi) untuk menghancurkan sisa-sisa sel leukemik. Leukimia bisa terkendali melalui obat-obatan dan kemoterapi atau mencapai remisi yang sempurna dan 5 tahun bebas penyakit, namun yang menjanjikan kesembuhkan bagi penderita leukimia hanya pencangkokan sumsum tulang.

Gejala dan tabda bervariasi tergantung dari tipe leukimia. Leukimia akut menimbulkan
gejala :

  • kelelahan
  • anemia yang menyebabkan pucat dan lemas
  • demam atau keringat pada malam hari
  • sulit menyembuh apabila terluka dan mudah berdarah
  • memar di tubuh tanpa penyebab jelas
  • gangguan penglihatan
  • nyeri di sendi dan tulang (lutut, pinggul, bahu)

Leukimia kronik terkadang tidak menimbulkan gejala.  Terkadang seseorang dengan   Leukimia Limfositik Kronik dapat merasakan pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan. Selain itu Leukimia Kronik juga merasakan mudah lelah saat beraktivitas dan mudah mengalami infeksi. Pembesaran  limpa, keringat malam, dan penurunan berat badan juga bisa didapatkan. Gejala leukimia kronik terkadanga meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar