Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 36, Tinggi Badan = 176 cm, Berat Badan = 95 kg, Setelah medikal test sebagai syarat kerja di LN, saya mendapat hasil unfit dikarenakan hasil darah saya VDRL 1/4 dan TPHA 1/8. Apakah artinya dan menurut beberapa keterangan VDRL menunjukkan adanya sifilis. apabila benar saya mengidap sipilis, bagaimana bisa sedangkan saya tidak pernah berhubungan sex dengan wanita lain selain istri saya. Apakah bisa disembuhkan dan berapa biayanya? apakah anak dan istri saya bisa tertular? Terima kasih.(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Test VDRL adalah suatu skrining serologi nontreponemal untuk menghitung antibodi sifilis. Tes darah ini dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang mengidap suatu penyakit yang termasuk dalam sexually transmitted diseases (penyakit menular seksual). Pada umumnya seseorang mendapat penyakit sifilis setelah melakukan hubungan sex termasuk ciuman atau oral seks dengan orang yang mengidap penyakit sifilis. Titer yang positif kuat pada VDRL adalah 1:32, pada kasus Anda titer yang ditemukan adalah titer rendah yaitu 1:4 sehingga ada kemungkinan ini positif palsu. Hasil positif palsu dapat terjadi apabila seseorang memiliki penyakit yang disebabkan oleh virus (hepatitis, mononukleosis), HIV, obat-obatan, kehamilan, demam reumatik, rematoid artritis, SLE, malaria, dan lepra atau sebagai kesalahan laboratrium. Hasil positif semu terjadi pada 10-20% kasus. Tes VDRL sensitif namun tidak spesifik karena itu untuk mengkonfirmasi hasil VDRL yang positif dilakukan tes treponemal yang lebih spesifik untuk sifilis yaitu TPHA (Treponema Pallidum Hemagglutination Assays. Hasil TPHA seharusnya dibaca dengan melihat kadar hemaglutinasi. Hasil +1 sampai +4 menandakan reaktif,  hasil +/- atau - menandakan non reaktif. Hasil yang Anda berikan adalah 1:8 apakah benar seperti itu atau mungkin salah dalam pembacaan.

Saran yang diberikan adalah Anda berkunjung ke spesialis kulit kelamin dan melakukan pemeriksaan lagi. Apabila titer Anda meningkat sampai 4 x lipat maka ada kemungkinan Anda memang memiliki sifilis, namun apabila titer Anda tetap atau negatif mungkin ini adalah positif palsu. Sifilis bisa disembuhkan dengan obat-obatan. Namun apabila Anda memang mengidap sifilis maka ada kemungkinan untuk menular ke istri Anda. Karena itu istri Anda perlu diperiksa. Apabila istri Anda hamil maka ada kemungkinan menular ke anak yang dikandungnya, namun karena ini Penakit Menular Seksual maka tidak akan menular selama Anda tidak melakukan hubungan seksual. Biaya yang dibutuhkan dapat Anda tanyakan ke dokter spesialis kulit kelamin yang  merawat Anda. Semoga dapat membantu.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar