Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 40 thn, Tinggi Badan = 165 cm, Berat Badan = 67 kg, Dokter, saya seorang ayah 40 th dari anak umur 7 th, laki-laki. Asupan makan cukup, susu cukup walaupun terkadang cenderung banyak. Pola makan teratur. Tetapi yang menjadi permasalahan, berat badan cenderung tetap , hampir tidak ada peningkatan yang berarti sekitar 20-21kg tinggi kurang lebih 125. Dan kalau kecapekan badan langsung hangat. Mohon informasi apakah ada permasalahan di sistem pencernaan atau bagaimana. Karena selama ini dokter specialis anak tidak menemukan adanya kecurigaan. Terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang Terhormat,

Kurva pertumbuhan anak dinilai melalui kurva NCHS (National Center for Health Statistic) tahun 2000. Berdasarkan data yang Anda kirimkan, maka anak laki-laki dengan berat badan 21 kg berdasarkan kurva NCHS berada di persentil 25 dan tinggi badan 125 cm berada di persentil 75.

Kurva tersebut memiliki range normal pada persentil 10 sampai 95, yang artinya putra bapak masih berada dalam kisaran normal tumbuh kembang. Di dalam kurva tersebut putra bapak memiliki persentil untuk berat badan yang relatif rendah, hal ini dapat diperbaiki dengan memberikan nutrisi (kalori) yang sesuai untuk tinggi badan dan aktivitasnya.

Hal ini dapat dikonsultasikan dengan ahli gizi untuk meningkatkan berat badan. Namun yang perlu ditekankan disini adalah apabila aktivitas putra bapak normal, jarang sakit, makan tidak bermasalah maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Peningkatan berat badan pada anak usia 7 tshun tidak secepat peningkatan berat badan pada batita.

Rujukan kurva NCHS akan kami kirimkan ke email Anda. Semoga dapat membantu.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Kllikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar