Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 41, Tinggi Badan = 173 cm, Berat Badan = 70 kg, hallo dokter, saya mau tanya masalah kanker prostat, saya punya gejala sering terburu-buru mau kencing, kalau kencing suka ada sisa tetes, apakah ini merupakan gejala kanker prostat, dan kalau mau periksa harusnya kebagian apa , internis atau bedah, satu lagi dok, kalau mau olah raga ,olah raga apa yang boleh untuk orang gejala kanker prostat.terima kasih atas bantuan dokter. salam (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Kanker prostat jarang menimbulkan gejala pada stadium awal. Gejala akan timbul bila sel kanker telah menyebar ke seluruh prostat. Gejala klinis yang dapat timbul biasanya berupa gangguan buang air kecil seperti bertambahnya frekuensi berkemih, sering buang air kecil pada malam hari, sulit untuk memulai dan menyelesaikan proses berkemih, terdapat darah dalam urin (air seni) dan nyeri pada saat berkemih.

Namun gejala gangguan berkemih seperti diatas lebih sering timbul pada pembesaran prostat jinak (BPH). Sehingga sangat sulit untuk menggambarkan gejala yang anda katakan akibat dari kanker prostat. Ada beberapa pemeriksaan tambahan baik fisik maupun laboratorium seperti, pemeriksaan colok dubur dan kadar PSA (prostate specific antigen). PSA merupakan salah satu pemeriksaan yang sangat spesifik untuk prostat, apabila kadar PSA tinggi maka kemungkinan adanya kanker prostat semakin besar.

Selain gejala gangguan berkemih kanker prostat juga mengganggu fungsi seksual seperti sulit ereksi atau nyeri pada saat ejakulasi. Bila anda mempunyai gejala-gejala diatas dapat mengkonsultasikan gejala tersebut ke bagian urologi.
Tidak ada olah raga yang spesifik untuk kanker prostat.

Terima Kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar