Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 26, Tinggi Badan = 173 cm, Berat Badan = 86 kg, siang dokter, saya ingin menanyakan apakah faktor makanan mempengaruhi jenis kelamin pada janin didalam kandungan? atau ada faktor lain yang dapat menentukan jenis kelamin perempuan atau laki-laki?mohon dijelaskan yang detail. Terima kasih (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat,

Memang banyak rumor yang mengatakan bahwa jenis kelamin janin dapat diarahkan berdasarkan teknik-teknik khusus meliputi pengaturan diet, pengaturan waktu hubungan seksual, frekuensi dan posisi hubungan seks, dan makanan tertentu. Namun, belum ada yang terbukti secara ilmiah dapat mengarahkan jenis kelamin janin sesuai keinginan orang tua.

Sekarang ini tidak ada teknik yang bisa dijadikan andalan untuk mengarahkan janin kepada salah satu jenis kelamin sebelum penyuburan telur (ovum). Tetapi teknik-teknik yang sedang dikembangkan, termasuk pemilihan floweytometry dan pemisahan sperma yang mengandung chrosmosomes X atau Y sebelum inseminasi penyuburan in vitro atau insemnasi intrauterine, boleh jadi bisa membuat pilihan-pilihan seperti itu mungkin saja.

Teknik-teknik diagnosis genetik pra-implantasi yang sekarang ini, yang dirancang untuk membantu para orang tua yang berupaya menghindarkan penyakit terkait jenis kelamin seperti Ducnne?s muscular dystrophy atau heophlis, dapat pula dipergunakan untuk menentukan kelamin melalui karyotyping. Hal ini membolehkan implantasi hanya embryo yang memiliki kelamin yang diinginkan.

Setelah implantasi telur yang subur, karyotyping dari sel janin akan memberikan informasi tentang kelamin janin. Keadaan ini memberikan pilihan kepada para pasien untuk menentukan kehamilan dengan maksud dapat memilih jenis kelamin.

Namun, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan prosedur diatas, tehnik-tehnik tersebut kurang populer untuk dilaksanakan. Sehingga, banyak orang tua yang membiarkan jenis kelamin janinnya tetap menjadi misteri sampai waktu kelahirannya.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar