Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 39, Tinggi Badan = 160 cm, Berat Badan = 65 kg, Dok, beberapa waktu lalu hasil lab saya menunjukan saya pernah kena rubella dengan IGg 720, dokter kandungan saya memberikan acyclovir selama 3 bulan trimester pertama dan dilanjutkan dengan terapi isprinol dimana obat isprinol ini sudah ditentukan jadwal minumnya yaitu hanya 2 kali seminggu yaitu hari senin dan selasa saja sebanyak 4 kali sehari. Namun saya tidak disiplin minum kedua obat itu, karena tahu dari temen katanya kalau IGg tidak usah diobatin, dan efek samping isprinol yang katanya bisa menyebabkan hiperaktif pada anak, saya jadi takut dok, makanya saya gak nerusin minum obat itu lagi. Mohon penjelasan yang sebenarnya. terima kasih (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari  yang Terhormat,

Yang perlu ibu ketahui adalah bahwa tidak ada obat yang menyembuhkan Rubella. Segala pengobatan hanya bersifat simptomatik seperti penurun demam dll. Jika seorang ibu hamil menderita Rubella, maka risiko bayinya cacat akan meningkat. Cacat yang terjadi dapat berupa cacat bagian tubuh, hidrosefalus, tuli, dll. Untuk itu hendaknya setiap wanita usia subur melakukan pengecekan darah apakah dirinya terinfeksi virus Rubella atau tidak.  Jika terinfeksi, maka hendaknya dilakukan vaksinasi dan jangan hamil dahulu minimal 3 bulan. Jika wanita sudah hamil dan baru diketahui menderita Rubella, maka tidak dilakukan vaksinasi sebelum bayinya lahir karena vaksinasi tersebut mengandung virus hidup yang dilemahkan.

Memang betul tanda yang menyatakan bahwa anda menderita Rubella adalah selain s erdapat gejala klinis yang sesuai, juga ditemukan IgM Rubella pada darah anda. Jika yang ada IgG, maka dapat diartikan bahwa anda pernah terinfeksi Rubella di suatu saat di masa lalu. Setiap obat pasti terdapat efek sampingnya, dan efek samping tersebut tertera pada brosur obat yang terdapat dalam kemasan.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar