Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Wanita, Umur = 25, Tinggi Badan = 159 cm, Berat Badan = 55 kg. dear klikdokter, kenapa y Dok kulit di sekitar bibir + kuku jari tangan sy sering terlihat kering? pdhal menurut saya air putih yg sy minum sdh cukup jumlahnya, apa sy ada menderita penyakit tertentu Dok? many thanks.(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / Saudari  yang Terhormat,

Masalah kulit kering memang sering dihadapi banyak orang, khususnya ketika cuaca dingin dimana udara menjadi kering. Udara kering ini menyebabkan kelembaban kulit menghilang, selanjutnya kulit menjadi pecah dan retak-retak. Daerah yang merekah dan retak-retak dapat mengalami iritasi dan terasa gatal. Ruam kulit kering kadang-kadang berupa bercak-bercak kulit berbentuk bundar, yang menyerupai penyakit jamur kulit (kadas).

Sebagai pengobatannya dapat dilakukan dengan cara melumasi kulit yang bertujuan untuk memulihkan kelembaban kulit. Air akan melembabkan kulit anda dengan segera, namun kelembaban ini cepat hilang oleh penguapan. Lotion, cream dan salep yang memberikan lapisan pembungkus akan mencegah penguapan air.

Menggunakan minyak mandi (oil bath) adalah cara yang paling efektif untuk mencegah hilangnya kelembaban kulit. Anda dapat mengoleskan minyak mandi ke kulit atau menambahkan langsung ke air mandi.

Bila tidak suka memakai minyak mandi, anda dapat menggunakan cream pelembab, lotion pelumas, minyak parafin atau vaselin murni.

Setiap pelumas paling baik dioleskan di kulit setelah kulit dibasahi terlebih dahulu
dengan air sehingga air akan terperangkap di bawahnya. Hal ini akan menjaga kelembaban kulit anda.

Ada beberapa tips yang dapat kami berikan pada anda untuk menghindari kulit kering:

  • Hindari dehidrasi yang menyebabkan kulit nampak kering dan keriput, alangkah baiknya jika Anda minum banyak air serta mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Hindari terlalu banyak terpapar AC dan sinar matahari.
  • Gunakan sarung tangan atau pelindung tangan lain jika bersentuhan langsung dengan detergen.
  • Olahraga cukup dapat membantu mengatasi kekeringan kulit, agar aliran darah dapat bergerak lancar sehingga kulit dapat memperoleh nutrisi yang cukup.
  • Apapun jenis kulit Anda, pelembab yang bagus sangat bermanfaat. Jika kulit terasa ketat, itu berarti membutuhkan pelembab. Namun, sebaiknya pilih pelembab yang bagus, karena salah memilih pelembab bisa-bisa malah menyumbat pori-pori dan membuat kulit nampak kusam. Pelembab yang bagus tak meninggalkan rasa berminyak setelah dioleskan di kulit.

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar