Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Jenis Kelamin = Pria, Umur = 41, Tinggi Badan = 170 cm, Berat Badan = 72 kg. salam dok ada yang mau di tanyakan kenapa dubur saya sering mengeluarkan bau tak sedap dan sering buang angin, apakah ususnya infeksi obat apa yang harus di minum mohon informasi rumahsakit mana yang ada fasilitas anus kopi, kolonoskopi apa perbedaan antara demam dan meriang terimakasih.(Klik disini untuk mengetahui jawaban e-konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara Yang Terhormat,

Terima kasih atas pertanyaannya. Buang angin adalah petanda normalnya aktivitas di perut. Gas di usus berasal dari faktor luar yaitu udara yang kita telan ketika makan dan berbicara, serta faktor dalam yaitu gas yang berasal dari makanan yang dicerna seperti karbohidrat (polisakarida), kacang, bawang putih, dll. Bagaimanapun juga, buang angin yang berlebihan merupakan adanya pertanda gangguan di perut baik sindrom iritasi usus  maupun penyebab organik lainnya.

Saya membutuhkan data tambahan mengenai bau tidak sedap seperti apa, gangguan dalam BAB, pola BAB, sudah berapa lama bau ini anda alami. Bau tidak sedap di anus dapat disebabkan antara lain oleh jamur. Selain itu bau tidak sedap juga dapat disebabkan oleh fistel anal. Fistel anal adalah saluran penghubung antara Saluran pencernaan di dalam dengan kulit di sekitar area anus. Fistel dapat disebabkan oleh abses (nanah) di kelenjar anal. Infeksi yang terjadi berulang-ulang tanpa pengobatan yang adekuat dapat menyebabkan abses. Bakteri, jamur, infeksi campuran, dapat memberikan bau yang tidak sedap.

Rasa nyeri atau tidak nyaman, gatal, umumnya juga terjadi di lokasi fistel tersebut. Jika penyebabnya adalah jamur maka yang sebaiknya dilakukan adalah mencuci area anus dengan sabun dan air hangat dan keringkan area tersebut. Namun apabila penyebabnya adalah fistel maka tindakan operasi diperlukan untuk menutupnya. Demam atau meriang dalam bahasa inggris adalah febris yaitu peningkatan suhu tubuh di atas normal. Rumah sakit yang memiliki fasilitas anuskopi dan kolonoskopi diantaranya adalah RS center pendidikan dan rumah sakit dengan dokter spesialis bedah digestif atau dokter spesialis penyakit dalam spesialistik gastroenterologi. Sebaiknya anda berobat ke dokter dan apabila perlu dapat dirujuk ke spesialis.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar