Sukses

Tanya Dong Dok

29 Aug 2010, 00:00 WIB
Wanita, 0 tahun.
Apa yang dimaksud dengan kista dibibir vagina, pernah oleh dokter kista tersebut diambil spt pakai cutton buds lalu dokter kasih obat anti infeksi, apakah yang dimaksud kista disini, apakah kista dapat berkembang menjadi kanker yang umumnya terjadi (Klik disini untuk mengetahui jawaban e-Konsultasi)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Ibu yang Terhormat,

Bahasa medis kista di bibir vagina adalah kista bartholini. Di kedua bibir vagina terdapat suatu kelenjar yang dinamakan bartholin. Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang digunakan untuk membasahi vagina saat berhubungan seksual. Kista bartholin terbentuk apabila muara dari kelenjar ini tersumbat. Hal ini biasa ditemukan pada wanita dengan usia 20an.

Kista bartholin dapat disebabkan oleh infeksi lama atau baru pada bibir vagina, bisa juga disebabkan oleh STD dan riwayat luka atau operasi pada daerah vagina. Namun, walaupun sangat jarang dan hanya terjadi pada wanita dengan usia di atas 40 tahun, kista bartholin  juga dapat disebabkan oleh kanker.

Kista yang tidak menimbulkan rasa sakit dan berukuran kecil, biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun apabila ukurannya sudah mulai membesar dan mulai menimbulkan rasa sakit, sebaiknya datangi dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan anda untuk mendapatkan tindakan penanganan selanjutnya.

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar