Sukses

Infeksi Jamur di Vagina dapat Menyebabkan Sulit Punya Anak

16 Feb 2017, 23:27 WIB
Pria, 29 tahun.

Halo Dok.. Saya Wanita usia 29th. sudah menikah 1th namun belum dikaruniai anak. Saya 2minggu yang lalu mengalami keputihan yang gatal namun tida terlalu berbau. Dokter memberikan obat Flagystatin Vaginal Ovule, setelah pemakaian 4hari, keputihan berkurang, namun Dokter menyarankan tes Lab. Hasil tes menyatakan "Candida Albicans" & "Candida Glabrata" POSITIVE. Pertanyaan Saya : 1. Apa itu Candida Albicans & Glabrata? 2. Apakah itu sangat berbahaya? 3. Akankah berpengaruh untuk memiliki momongan? karna kami ingin sekali promil 4. Bagaimana penanganan & pengobatannya? 5. Apa penyebab dari infeksi jamur tersebut? 6. Apakah ada kemungkinan terjadi kesalahan pada tes? perlukah saya tes ulang? Terima kasih Dok sebelumnya. Saya Mohon bantu dijawab kegundahan saya ini. karna saat ini saya sedang mens jadi belum bisa konsul ke dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter. 

Halo,

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. 

1. Candida merupakan jamur.

2. Berbahayakah? Ya, jika tidak diobati maka dapat menyebabkan infeksi pada organ reproduksi lainnya.

3. Ya. infeksi di area kewanitaan jika tidak diobati dapat menyebabkan gangguan infertilitas, namun hal ini bergantung seberapa hebat infeksi tersebut. 

4. Penanganannya adalah dengan

- menjaga daerah vagina tetap bersih dan kering.

- Hindari penggunaan celana dalam yang tidak menyerap keringat, sebaiknya gunakan bahan katun. 

- Hindari penggunaan sabun vagina yang bersifat antiseptik karena justru akan membunuh bakteri baik di daerah vagina sehingga keseimbangan ph di sana terganggu

- Konsumsi obat anti jamur. Untuk dosis sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

5. Penyebab infeksi jamur biasanya masalah kebersihan, misalnya cara bilas vagina yang salah, penggunaan bahan celana dalam yang salah, jarang mengganti celana dalam dll.

6. Sebaiknya cek ulang dilakukan ketika usai pengobatan dan keluhan sudah tidak muncul lagi. Keluhan yang Anda alami sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut yaitu adanya gatal dan keputihan. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

(TRY) 

 

0 Komentar

Belum ada komentar