Sukses

Kencing Bercabang

17 Feb 2017, 12:10 WIB
Wanita, 35 tahun.

Maaf dok mau nanya suami saya kalau buang air kecil kok bercabang ? Berbahayakah ? Dia menderita maag kronis, apakah ada sangkut pautnya dgn urine, oh ya satu lagi dok, waktu periksa dokter mengatakan jg punya penyakit pengapuran tulang belakang, apakah magg kronis dan pengapuran mempengaruhi urine, terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kencing menyebar dapat terjadi pada keadaan normal dimana lubang saluran kencing yang bervariasi bentuknya tidak menyebabkan pancaran yang benar-benar satu pancaran. Namun ada sebuah kelainan yang dapat terjadi pada saluran kencing dan menyebabkan pancaran bercabang, yaitu pada striktur urethra (penyempitan jalan keluar kencing). Penyempitan dapat terjadi karena ada riwayat trauma (benturan) yang melibatkan saluran kencing, batu saluran kencing, atau dapat pula disebabkan karena pemasangan selang kateter atau prosedur medis lain melibatkan urethra.

Selain itu, ada juga penyebab kencing bercabang, yaitu pasca infeksi. Infeksi di saluran kencing/kelamin seperti gonorrhea juga dapat menyebabkan penyempitan saluran kencing.
Kencing bercabang juga dapat terjadi pada orang-orang yang belum disunat. Preputium (kulup) dapat mengubah arah aliran kencing menjadi 2 arah. Adapun maag kronis dan pengapuran tulang belakang tidak berkaitan dengan urin bercabang. 

Jika keluhan dirasakan sangat mengganggu sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis bedah urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kami sulit mendiagnosis penyakit dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar