Sukses

Benjolan Payudara

17 Feb 2017, 10:58 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter 1 bulan lalu saya melakukan USG Mammae,saya blm sempat memberikan hasil dr USG tersebut kpd dokter yg memeriksa saya, dan hasil dr pemeriksaan tersebut Mammae kanan: Cutis dan subcutis normal Jaringan fibroglanduler msh padat, blm mengalami involusi lemak Tampak lesi iso-hiperekhoik inhomogen, batas tidak tegas, berukuran lk 3,77x2,12x2,48 cm pada arah jam 12/3 cm dari nipple mammae kanan. Pada scan dokter tidak nampak hipervaskularasi di dalamnya Axila: Tidak nampak nodul hipo/hiperekhoik pada kedua axila Kesan: Lesi solid mammae kanan ec suspek displasia mammae kanan Tidak nampak pembesarab KGB axilla bilateral Jadi bagaimana keadaan payudara saya? Apa harus di operasi?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary dysplasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Benjolan ini umumnya multipel dan pertumbuhan dipengaruhi oleh hormonal dan terjadi seiring dengan siklus menstruasi.

Benjolan ini akan menghilang setelah wanita selesai menstruasi dan dapat kembali terjadi ketika menstruasi datang. Apabila didapatkan ada mammary dysplasia, maka yang dilakukan adalah evaluasi untuk memastikan bahwa benjolan yang ada bukanlah dikarenakan keganasan. Tidak ada obat yang ditujukan untuk mengatasi mammary dysplasia karena benjolan ini dipengaruhi oleh hormonal.

Apabila sedang nyeri, anda dapat mengonsumsi obat analgetik atau antinyeri seperti parasetamol dan asam mefenamat untuk mengurangi rasa sakit yang datang. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga membantu. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar