Sukses

Konsumsi Obat Asma Setiap Malam

17 Feb 2017, 08:46 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum dok.. Saya mau tanya.. Saya sudah mengidap penyakit asma sejak MI hingga saat ini (Kuliah semester 6). Jd Selama itu jg saya selalu mengkonsumsi obat setiap hari sebelum tidur dok... Klo gk gt pasti kambuh tengah malam dok.. Gk hanya itu persoalannya dok.. Sudah sekitar 4 bulan ini saya mengalami gejala" aneh dok...saya merasa tulang" sendi disekujur tubuh saya linu dok.. Terus dibagian bawah dada itu sakitt.. Kira" saya kenapa ya dok.. Soalnya akhir" ini semakin sering kayak gt dok.. Mungkin gk sih klo semua itu karena terlalu bnyk mengonsumsi obat.. Mohon penjelasannya ya dok.. Wassalam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter
Halo Bela!

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (wheezing) dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan, yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari penyempitan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru.

Pada asma yang terjadi selain produksi mukus juga terjadi penyempitan saluran nafas, penyempitan ini dipicu oleh hal-hal yang serupa dengan produksi mukus. Jadi yang menyebabkan asma kambuh adalah penyempitan saluran nafas dan produksi mukus. Mukus itu berasal dari tubuh kita sendiri, jadi pada saluran pernafasan ada sel-sel yang berguna untuk memproduksi mukus. Produksi mukus pada asma dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi, alergi, atau iritasi

Secara umum gejala asma adalah sesak napas, batuk berdahak dan suara napas yang berbunyi ngik-ngik atau mengidimana seringnya gejala ini timbul pada pagi hari menjelang waktu subuh, hal ini karena pengaruh keseimbangan hormon kortisol yang kadarnya rendah ketika pagi dan berbagai faktor lainnya.

Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat dicegah dan dapat dikontrol dengan tata laksana yang tepat. Penanganan asma umumnya terdiri dari controler (obat untuk mencegah kekabuhan) dan reliever (obat untuk mengurasi sesak bila kambuh). Pengobatan ini harus dilakukan dalam pengawasan dokter. Selainitu,  setiap pasien harus mengetahui secara pasti apa saja yang membuat asmanya kambuh, langkah selanjutnya adalah menghindari faktor tersebut agar tidak kambuh.

Nyeri dada yang anda rasakan bisa jadi berhubungan/tidak dengan penyakit asma anda. Apakah linu yg dirasakan berhubungan dengan obat yang dikonsulsi belum dapat kami jawab, karena anda tidak memberikan keterangan mengenai obat yang dikonsumsi. Untuk penangana asma, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lebih lanjut. Oleh karena itu, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis paru.


Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar