Sukses

Sakit di dalam rongga mulut dan saat menelan

17 Feb 2017, 00:18 WIB
Pria, 21 tahun.

Maaf mau tanya, Saya mengalami sakit di bagian gusi dan rongga dalam mulut. Saya kira itu sariawan ternyata bukan. Saya sudah minum antibiotik serta tambahan vit c namun tidakada hasilnya. Di buat nelan ludah sakit begitupun kalau mau membuka mulut. Namun tidak ada lukaa yang terlihat. Bisa tolong di bantuu ya :)

Halo Dita,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan Sulit menelan merupakan suatu gejala atau keluhan yang diakibatkan adanya kelainan di dalam saluran pencernaan yang paling atas, yakni orofaring dan esophagus. Keluhan ini akan bermanifestasi bila terdapat gangguan gerakan-gerakan pada otot menelan dan gangguan transportasi makanan dari mulut ke lambung. Beberapa keluhan lain yang dapat menyertai keluhan sulit menelan adalah nyeri waktu menelan (odinofagia), rasa terbakar di leher hingga dada, rasa mual dan muntah, muntah darah (hematemesis), berak berdarah (melena) batuk dan berat badan berkurang.

Berdasarkan penyebabnya, disfagia dibagi menjadi tiga bagian

• Disfagia mekanik, sumbatan rongga esophagus oleh massa, peradangan, penyempitan, atau penekanan dari luar.

• Disfagia motorik, adanya kelainan pada system saraf yang berperan dalam proses menelan

• Disfagia karena gangguan emosi

Terapi terbaik untuk Disfagia adalah terapi langsung pada penyebab disfagia itu sendiri, dapat diberikan obat seperti pada gangguan disfagia akibat radang pada esophagus. Pada gangguan menelan akibat massa yang menekan biasanya digunakan terapi bedah. Sedangkan untuk keluhan sakit saat membuka mulut dapat diarahkan pada kelainan sendi rahang atau akibat pembengkakan gusi pada daerah gigi geraham Pada kasus Anda, kami tidak dapat memastikan penyebabnya karena kurangnya informasi dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan fisik. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk rutin kontrol dan berkonsultasi dengan dokter gigi untuk evaluasi dan terapi yang optimal.

Semoga jawaban kami dapat bermanfaat untuk anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar