Sukses

Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

17 Feb 2017, 00:24 WIB
Wanita, 20 tahun.

Asalamualikum dokter Saya mau brtanya. SAYA menikah pda bulan septmber lalu.sblmnya awal prnikhn sya mngikuti kb di suntik 1 bulan sekali slama 4 bulan.dan kmdian di ganti dgn pil kb.tpi skrg haid saya tdk tratur kmrin sya dtg bulan 1bulan itu 2x dok.mnrt doktr apkh itu wajar?dan kira2 kpn ya dok kesuburan saya normal stlh d suntik dan di pil kb ?trmksh

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda terkait gangguan haid saat ini.

Salah satu efek samping suntik KB 1 bulan yang cukup sering ialah gangguan haid berupa siklus haid memendek atau memanjang. Pada kasus Anda, siklusnya menjadi memendek. Pada 60% wanita, siklus haid akan kembali normal setelah penggunaan selama 1 tahun. Jadi, tunggu saja. Apabila siklusnya tak kunjung normal dan ini mengganggu Anda, Anda dapat mengganti metode KB yang non hormonal.

Kembalinya kesuburan setelah lepas KB berbeda-beda tergantung metode KB yang digunakan. Secara garis besar terdapat dua macam metode KB yaitu yang hormonal dan non-hormonal. KB hormonal terdiri dari pil KB, KB implan dan KB suntik. Sedangkan KB non hormonal terdiri dari IUD (spiral) dan tubektomi (kontrasepsi mantap/steril).

Secara teori, kesuburan akan kembali dalam 2 minggu setelah KB hormonal dihentikan. Tetapi kenyataannya, ini bisa bervariasi dari 3 bulan hingga 1 tahun setelah dihentikan. Indikator kesuburan telah kembali ialah siklus haid yang sudah kembali normal/teratur.

Sedangkan untuk KB non hormonal (dalam hal ini penggunaan IUD/spiral), umumnya kesuburan akan kembali segera setelah IUD/spiral dilepas. Karena KB ini sifatnya mekanik, tidak akan menganggu siklus haid sehingga kesuburan dapat segera kembali.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar