Sukses

Sindrom Iritasi Usus: Ketika Frekuensi dan Pola BAB Tak Menentu

16 Feb 2017, 22:34 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat siang dok, saya laki2 saya ada masalah di pencernaan saya dok, kadang sehari saya bab bisa sampe 3 atau 4 kali dan bentuk fesesnya tidak bgtu keras bahkan terkadang agak cair, namun kejadian seperti itu perut saya merasa enak tidak berasa kembung,,tp terkadang saya mengalami sulit bab,perut udah berasa kembung,bahkan agak mules berasa pengen bab,tetapi ketika udah di toilet udah beberapa lama feses gak keluar,atau kalaupun kluar itu hanya sedikit dan agak keras sedangkan perasaan ingin mengeluarkan fesesnya itu banyak,,kondisi seperti ini sering saya alami dan sekarang saya sedang mengalami susah bab tsb,udah hampir mau 2 minggu,,perasaan ingin bab nya itu tiap hari, pagi,siang dan sore tetapi fese yang d kluarkannya sedikit atau bahkan gak ada. trimaksh

Terimakasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.

Dari riwayat yang Anda ceritakan, sepertinya Anda mengalami yang disebut dengan Sindrom Iritasi Usus atau Irritable Bowel Syndrome, selanjutnya akan disebut dengan IBS.

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu gangguan sistem pencernaan kronik yang hingga kini belum diketahui penyebabnya. Masalah kesehatan ini tidak dapat sembuh total namun dapat dikendalikan. Penderitanya umumnya mengalami diare dan konstipasi secara bergantian dalam periode tertentu. Pemicunya seringkali adalah stres psikologis.

Untuk mengetahui apakah ini benar IBS atau tidak, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam. Bila perlu dokter akan melakukan rontgen perut atau kolonoskopi untuk menentukan penyebabnya.

Untuk sementara ini, Anda dapat memperbaiki pola hidup dan pola diet agar tidak kambuh. 

Berikut ini adalah tips-tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda mengatasi gejala-gejala yang timbul karena IBS:

1. Hindarilah makanan seperti: kol, brokoli, kembang kol dan kacang-kacangan yang dapat menyebabkan perut kembung dan banyak gas sehingga dapat memicu atau memperparah gejala IBS.

2. Perbanyak makanan berserat, agar dapat mengurangi gejala konstipasi. Namun hal ini juga perlu dilakukan secara bertahap karena jika dilakukan secara mendadak maka dapat memperburuk gejala IBS (kembung, banyak gas).

3. Perbanyak minum air putih setiap waktu dan hindarilah minuman bersoda yang dapat membuat perut kembung.

4. Makanlah makanan dalam jumlah yang sedikit/porsi lebih kecil dan secara perlahan agar tidak terjadi diare dan kram pada sistem pencernaan.

5. Perbanyak konsumsi makanan-makanan rendah lemak dan tinggi karbohidrat, seperti: pasta, nasi dan gandum.

6. Makanlah makanan seimbang gizi dan juga berolah raga.

7. Berhenti merokok.

8. Hindari stres, karena stres merupakan salah satu pemicu munculnya gejala-gejala IBS.

9. Buatlah catatan makanan yang Anda konsumsi setiap hari, sehingga Anda dapat mengetahui makanan apa saja yang memicu gejala IBS Anda untuk muncul dan dapat dihindari.

10. Hindarilah bahan makanan yang dapat merangsang usus seperti: kafein, alkohol, susu dan produk-produk susu, makanan berlemak, makanan yang mengandung kadar gula tinggi, pemanis buatan.

11. Hindarilah kopi dan permen karet, karena mengandung kafein dan pemanis buatan yang tinggi. Demikian juga dengan permen-permen yang mengandung pemanis buatan sebaiknya dihindari.

Anda perlu memperhatikan makanan apa saja, dan sumber stres apa saja yang dapat memicu timbulnya keluhan Anda. Dengan mengetahui hal-hal yang dapat memicu gejala-gejala IBS Anda, maka Anda dapat menghindarinya.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk menambah informasi Anda: Stres? Hati-Hati Terserang Diare

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar