Sukses

Penyebab Muntah dan Diare

16 Feb 2017, 14:08 WIB
Pria, 25 tahun.

Sore dok, saya ingin bertanya, 2 hari lalu saya mengalami diare dan muntah - muntah, setelah itu nafsu makan saya sedikit berkurang, lalu kemarin muntah - muntahnya sudah sembuh namun diare masih terjadi, dan perut berbunyi terus, saya kira hanya memnium obat - obat biasa / warung akan semubh, ternyata setelah 3 hari belum sembuh juga kira - kira apa yang terjadi pada perut / pencernaan saya dok? dan adakah solusi menyembuhkannya selain harus berobat ke dokter?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda adalah muntah dan diare yang tak kunjung sembuh walau sudah mengkonsumsi obat.

Sebenarnya kami ingin mengetahui beberapa informasi yang dapat membantu kami menjawab pertanyaan Anda, seperti:

Gejala apa yang timbul terlebih dahulu, muntah atau diare?
Apakah terdapat demam?
Bagaimana gambaran feses saat terjadi diare, apakah cairan saja, atau disertai ampas. Apakah terdapat darah/tidak. Apakah berbau amis atau busuk?
Obat apa saja yang telah Anda konsumsi?

Namun kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda atas dasar keterangan di atas.

Penyakit diare dapat menyebabkan berbagai keluhan lain seperti mual, muntah dan perut berbunyi atau kembung. Diare paling sering disebabkan oleh infeksi virus, pemberian obat antidiare sebelum 24 jam dapat menyebabkan virus belum terbuang dan masih tertahan di dalam saluran pencernaan. Virus yang masih berada di dalam usus dapat mengeluarkan toksin yang menyebabkan perut kembung. Selain itu karena rasa kembung yang dirasa, banyak orang yang mengonsumsi obat mag golongan antasida. Antasida memang dapat mengurangi kembung pada penderita kembung akibat penyakit maag. Namun pada penderita kembung akibat diare, maka konsumsi antasida akan semakin memperberat diare.

Selain itu diare berlebihan dapat menyebabkan seseorang kehilangan banyak kalium, kekurangan kalium ini lah yang dapat menyebabkan kembung pada penderita diare.

Yang dapat Anda lakukan saat ini ialah:

1. Banyak konsumsi air putih sebagai pengganti cairan
2. Hindari konsumsi sayur dan serat selama diare
3. Konsumsi pisang sebagai pengganti kalium untuk mengurangi kembung
4. Konsumsi tablet zink untuk mengurangi gejala diare

Namun untuk memastikan keadaan kesehatan Anda saat ini sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar