Sukses

Apakah Hasil Testpack Positif Pasti Hamil?

16 Feb 2017, 14:08 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok saya mau tanya saya sudah menikah ,saya kok udh telat datang bulan harusnya dapat tgl 28 ini sudah tanggal 11. Saya TP hasilnya positif tapi kenapa saya tidak ada ciri" mual,pusing,hilang nafsu makan,&ngidam ya dok. Cuma payudara nyeri aja dok puting juga sering keluar Klo perut rasanya nyeri" kaya pas datang bulan dok. Makasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda.

Tes kehamilan dapat dilakukan dengan test pack, namun bukanlah tanda pasti kehamilan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam).

Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Dua garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu. Membaca hasil testpack kadang sedikit membingungkan karena sering ada hasil samar. Jika hasil test pack positif, lakukan pemeriksaan USG 2 minggu kemudian.

Bila memang telah positif hamil maka usia kehamilan dapat dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir. Penghitungan lebih akurat usia kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG.

Gejala mual, pusing, tidak nafsu makan, ngidam dan payudara bengkak juga bukanlah tanda pasti kehamilan karena bisa juga merupakan tanda akan menstruasi.

Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk memastikan apakah Anda dalam keadaan hamil atau tidak. Hingga terbukti sebaliknya (tidak hamil), maka sebaiknya Anda memperlakukan diri Anda seperti sedianya Ibu yang sudah hamil. Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, kebutuhan nutrisi dan juga istirahat yang cukup.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar