Sukses

Perubahan Pada Anak Setelah Sakit

16 Feb 2017, 13:31 WIB
Pria, 26 tahun.

Anak kedua saya berusia 4bulan baru saja keluar dari rumah sakit karena dirawat selama 4hari sakit diare,panas,batuk,pilek. Selama dirumah sakit sudah hampir 6x kena suntikan mungkin karna selang ingusan copot. Dari awal masuk sampai pulang kurang lebih satu minggu ini rasanya saya sudah tidak lihat dia ketawa lagi. Padahal sebelum sakit, anak saya sering kali ketawa bahkan saat tidur sekalipun. Tapi kini banyak perubahan, jd tdk ketawa, tidur hanya sebentar(dulu kalau tidur bisa lama), kagetan denger suara (dulu tak ada mslh dg suara apapun, sering teriak seperti marah sampai tangan dan kakinya mengepal. Benar2 berbeda 360°. Apakah anak saya mengalami trauma dok? Apakah bisa saraf penghubung yg dapat membuat ketawa terganggu? Atau karna saya sering mengguncang pelan agar mau menyusu? Saya bingung dan sedih dok atas perubahan ini. Bagaimna solusinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Ibu yang terhormat, kami memahami kekhawatiran Anda. Trauma psikis pada bayi jarang terjadi. Bisa jadi perubahan pada anak Anda karena fisiknya belum pulih benar setelah sakit. Cobalah ibu melakukan pengamatan selama 1-2 minggu setelah ia pulang dari rumah sakit. Secara umum, kesehatan anak pasca dirawat akan pulih dalam 1-2 minggu.

Bila setelah itu, perilaku bayi Anda belum seperti biasanya, kami sarankan Anda untuk segera membawa anak Anda ke dokter karena mungkin hal tersebut terjadi karena efek samping obat atau komplikasi penyakit yang tidak bisa dihindari.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar