Sukses

TB PARU AKTIF

16 Feb 2017, 12:13 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum, 2 tahun yang lalu saya sempat dirawat di RS karena tifus. bersamaan dengan itu ternyata diparu-paru kiri saya terdapat cairan yang membuat saya batuk-batuk dan sesak nafas. saya disarankan berobat paling tidak 6 bulan. namun, saya tidak berobat sampai 6 bulan. 2 tahun kemudian, tepatnya saat ini, sepertinya saya agak terganggu dengan nafas saya. saya suka sesak nafas. lalu saya cek ke dokter dgn hasil dahak negatif dan rontgen: cor tidak membesar, sinuses tajam, diagfragma tajam, hili normal, corakan bronkovaskuler normal, tampak infiltrat di apeks bilateral, tampak noda keras di atas sampai tengah kanan. mohon dokter berikan pencerahan bagaimana kira-kira keadaan paru-paru saya? saya sangat menunggu jawaban dokter. terimakasih wass

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit sekali bagi kami untuk menentukan diagnosis suatu penyakit tanpa
melakukan pemeriksaan fisik dan wawancara medis terarah terlebih dahulu. Apakah saat ini Anda masih sering batuk dan sesak napas? Apakah pada malam hari Anda cenderung berkeringat berlebihan?

Pemeriksaan rontgen hanyalah sebuah alat bantu pemeriksaan untuk menunjang diangnosis suatu penyakit sehingga sangat
tidak bijak bila mengatakan seseorang menderita suatu penyakit hanya berdasarkan hasil pemeriksaan rontgen tanpa kami melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Berdasarkan hasil rontgen yang Anda sebutkan secara umum pemeriksaan rontgen dada Anda baik namun terdapat infiltrat pada bagian apex (puncak) paru, hal ini dapat menunjukan adanya infeksi pada paru-paru Anda. Infeksi ini bisa merupakan infeksi ulangan atau sisa dari infeksi TBC sebelumnya. Perlu diingat bahwa pengobatan TBC harus benar- benar diselesaikan hingga 6 bulan. Pengobatan yang terhenti sebelum 6 bulan dapat menyebabkan kuman lebih ganas dan kebal terhadap pengobatan.

Saran saya, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang sebelumnya merawat Anda. Dokter akan membandingkan hasil temuan yang terdahulu dengan hasil pemeriksaan Anda saat ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar