Sukses

Apakah Alergi Susu Sapi Membuat Bintik Merah?

15 Feb 2017, 17:06 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat sore dr. saya mau tanya anak saya wajahnya timbul bintik merah seperti digigit nyamuk, ditangan ada 2 bntik2 dan dikaki, bab ttp lancar, anak saya tetap aktif. apa kah anak saya alergi susu sapi? jika iya bolehkah saya berikan susu soya? anak saya berumur 4 bulan mohon info dokter trmaksih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Keadaan yang anak Anda alami yaitu bintik merah pada wajag adalah alergi yang merupakan reaksi hipersensitivitas tubuh terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing atau berbahaya. Reaksi alergi memang biasanya terjadi pada anak dari orang tua yang juga memiliki alergi (genetik). Anak yang tidak mendapatkan ASI lebih berisiko untuk mengalami alergi susu sapi dibandingkan anak yang mendapatkan ASI ekslusif.

Anak Anda masih usia 4 bulan, sebaiknya Anda memberikan ASI eksklusif karena ASI adalah susu terbaik dan dapat memberikan kekebalan bagi bayi Anda.

Mengenai alergi susu sapi. Gejala klinis alergi susu sapi pada anak paling banyak terlihat pada saluran pencernaan dalam bentuk muntah, diare berlanjut yang kadang dapat disertai darah, serta konstipasi atau sembelit (50-60%). Namun, anak Anda tidak mengalami gejala pada saluran pencernaannya. 

Gejala klinis lain dapat terlihat pada kulit dan saluran napas. Pada kulit dapat terlihat merah-merah pada kedua sisi pipi bayi, seperti yang terjadi pada anak Anda. 

Kami menyarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak, untuk memastikan terlebih dahulu gejala yang dialami anak Anda, apakah benar-benar mengalami alergi susu sapi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar