Sukses

Memperlancar ASI

16 Feb 2017, 08:55 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya waktu lahir anak pertama ASI saya tidak keluar,dan otomatis anak saya tidak minum ASI.sekarang saya lagi mengandung anak kedua supaya waktu lahir anak kedua ini ASI saya keluar apa yang harus saya lakukan? Terus jenis makanan apa yang bisa membuat ASI keluar banyak? Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter

Halo, Lisni. Selamat atas kehamilan kedua Anda. semoga Anda dan janin yang dikandung selalu dalam keadaan sehat.

ASI (air susu ibu) pada dasarnya bersifat supply dan demand, artinya ialah jumlah ASI yang keluar akan bergantung dengan seberapa sering ASI dikeluarkan dan seberapa banyak setiap keluarnya. Jadi semakin sring ibu menyusui atau memerah/memompa ASI maka akan semakin banyak pula ASI yang keluar.

Sebelum persalinan untuk memperlancar ASI dan membantu membuka saluran kelenjar susu di payudara, Anda dapat rutin melakukan pijatan pada payudara Anda. Pijat payudara juga sebaiknya dilakukan setelah persalinan untuk membantu kelancaran ASI.

Pijat payudara yang dilakukan secara rutin setiap hari telah terbukti dapat meningkatkan produksi ASI karena dapat meningkatkan kadar prolaktin. Prolaktin merupakan hormon yang berperan dalam perkembangan payudara selama kehamilan dan menyusui. Dengan meningkatnya kadar prolaktin maka produksi ASI pun akan ikut bertambah.

Beberapa langkah pijat payudara yang dapat Anda lakukan sendiri secara rutin, yakni:

  • Oleskan minyak pada kedua telapak tangan dan payudara Anda. Minyak yang digunakan dapat berupa olive oil atau baby oil.
  • Angkat, lalu sanggah payudara kanan dengan menggunakan tangan kanan. Kemudian, pijatlah menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakan memutar seperti spiral mulai dari pangkal payudara menuju areola. Sebaliknya, lakukan juga untuk payudara sebelah kiri. Lakukan gerakan secara perlahan sebanyak 30 kali pada masing-masing payudara.
  • Letakkan kelima jari tangan kiri yang sedikit diregangkan di pangkal payudara kanan, lalu pijat dengan gerakan memutar sambil menekan payudara mulai dari pangkal payudara ke daerah areola.
  • Lanjutkan gerakan di atas mulai dari arah samping, atau bagian dinding dada, menuju areola.
  • Lakukan gerakan seperti kupu-kupu yang dimulai dari bagian tengah payudara lalu mengarah ke atas sambil kedua payudara diangkat dan dilepaskan bersamaan secara perlahan-lahan.
  • Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di atas puting susu payudara kanan dan letakkan jari yang lain pada areola di bawah puting susu. Tekan secara bersamaan ke arah dada, kemudian gerakkan ibu jari dan jari tersebut dengan gerakan memutar.
  • Kompres payudara dengan air hangat. Gunakan handuk kecil, waslap, atau kain lembut lainnya.

Agar ASI lancar dan tidak terjadi pembengkakan, pijatlah payudara minimal 2 kali dalam sehari. Pijat payudara ini akan lebih baik dilakukan sebelum mandi.

Produksi ASI sangat dipengaruhi kondisi psikis si ibu. Bila hati ibu tenang, bahagia, maka produksi ASI akan berlimpah. Saat pemberian ASI, hisapan bayi dapat merangsang produksi hormon prolaktin . Sedangkan jumlah prolaktin yang diproduksi akan tergantung dari frekuensi dan intensitas hisapan bayi Anda.

Selain faktor psikis, nutrisi yang tepat merupakan hal yang sangat penting pada fase menyusui. Hal ini bukan hanya untuk kebutuhan ibu, tetapi untuk bayi yang bergantung penuh pada air susu ibu (ASI) pada awal kelahiran hingga bayi usia 6 bulan idealnya. Karena itu, ibu harus meyakinkan kalau ASI­nya mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi.

Sebebnarnya ibu menyusui dapat mengonsumsi makanan apa saja, yang terpenting makanlah makanan yang bernutrisi lengkap yang megandung karbohidrat, protein, sayur dan lemak. Makan daging, ikan, ayam, sayur bayam, sayur katuk, wortel, dan buah-buahan lainnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti yang terdapat pada susu, produk susu dan sayuran hijau karena keutuhan kalsium selama menyusui tinggi. Nah, yang tak boleh dilewatkan ialah harus selalu sedia air putih di sebelah Anda setiap menyusui sehingga Anda tidak kekurangan cairan. Air dibutuhkan untuk pembentukan ASI.

 
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar