Sukses

Pencegahan Diabetes

16 Feb 2017, 05:17 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok seberapa besar resiko diabetes bagi keturunan diabetes ? Lalu bagaimana cara pencegahannya serta mengenali gejala dibetes ? Terimakasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda, oleh karena itu ijinkan kami menjelaskan tentang Diabetes. Gejala klasik diabetes adalah Polidipsi (mudah haus dan banyak minum), polifagi (mudah lapar dan banyak makan) dan poliuri (banyak kencing terutama pada malam hari). Selain itu terdapat juga gejala-gejala lain seperti:

  • mudah lelah
  • sering mengantuk
  • sering pusing dan mual
  • pengelihatan kabur
  • koordinasi gerak anggota tubuh terganggu
  • berat badan menurun terus
  • sering kesemutan
  • gatal-gatal pada tangan dan kaki

Kadang-kadang keluhan - keluhan seperti yang tersebut diatas tidak Anda rasakan karena kondisi setiap orang berbeda .oleh karena itu untuk memastikan apakah seseorang mengidap diabetes atau tidak dibutuhkan pemeriksaan seperti pemeriksaan glukosa darah.Untuk itu tidak ada salahnya jika anda memeriksakan pasangan Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatannya.

Untuk pencegahan diabetes yang paling mudah adalah pengaturan makan,olahraga atau aktifitas fisik (minimal 4 kali seminggu, 30 menit/kali olahraga), dan pengaturan berat badan.

Memang betul, salah satu faktor risiko diabetes melitus adalah genetik (riwayat keluarga dengan diabetes). Pola makan yang disarankan adalah pola diet rendah lemak, garam dan gula. Namun bukan berarti tidak boleh makan gula sama sekali. Diet yang disarankan adalah diet sehat, yaitu mengkonsumsi makanan yang sehat sesuai kebutuhan dan memperhatikan kandungan makanan tersebut. Diabetes tidak selalu diturunkan, jika pasangan Anda memiliki pola makan yang baik maka dapat terhindar dari resiko diabetes.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar