Sukses

Gejala Pembengkakan Jantung

16 Feb 2017, 05:05 WIB
Pria, 26 tahun.

Ibu saya berumur 61 tahun, melalui photo torax yang dilakukan dokter mengatakan bahwa ada sedikit pembengkakan pada jantungnya. Sesak yang dirasakan hanya pada saat duduk atau berjalan, dan kalau tidur tidak merasakan sesak dan bisa tidur dengan tenang. Pada hari Senin kemaren, dokter bilang " saya heran dgn ibu biasanya org sakit jantung pada waktu tidur dia sesak, tp ibu kok gak iya ya?" menurut dokter itu seperti apa yah? terimakasih atas penjelasannya Rayati

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pembengkakan jantung merupakan istilah yang sering digunakan orang awam untuk penyakit gagal jantung.

Gagal jantung merupakan keadaan dimana jantung tidak dapat memompa darah secara cukup. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada penumpukan darah pada jantung dan kurangnya peredaran darah ke seluruh tubuh. Hal inilah yang akan menyebabkan berbagai keluhan pada pasien gagal jantung.

Secara umum, jantung dibagi menjadi jantung kiri dan jantung kanan.

Gejala yang ditimbulkan akibat gagal jantung kiri adalah sesak napas.Pasien dengan gagal jantung terjadi kegagalan dalam memompa darah. Hal ini akan menyebabkan akumulasi di ruang jantung dan pada akhirnya akan berbalik ke aliran darah paru. Hal inilah yang akan menyebabkan keluhan sesak nafas pada pasien. Pasien menjadi mudah lelah dan mengeluh sesak, khususnya jika sedang beraktivitas. Pasien dengan gagal jantung lebih memilih untuk tidur dengan dua-tiga buah bantal kepala. Jika pasien tidur dengan satu bantal atau telentang, keluhan sesak napas lebih sering timbul.

Sedangkan gejala yang ditimbulkan karena gagal jantung kanan adalah bengkak-bengkak pada tubuh. Hal ini terjadi kibat dari kegagalan memompa darah, maka sirkulasi peredaran darah ikut terganggu, selanjutnya yang akan terjadi adalah penumpukan cairan pada berbagai bagian tubuh, misalnya di bagian kaki dan perut. Kondisi ini akan menyebabkan pasien terlihat mengalami pembengkakan di beberapa bagian tubuh.

Oleh karena itu, orang yang mengalami gagal jantung tidak selalu menunjukkan gejala sesak. Tergantung seberapa berat kondisinya dan jantung sisi mana yang mengalami gangguan.

Untuk memastikan kondisi pembengkakan jantung atau gagal jantung, dokter umumnya akan melakukan pemeriksaan ekokardiografi.

Oleh karena itu, kami sarankan agar Ibu membawa ayah Anda memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Hin****** Hardjokusumo

    saya berusia 77 th lebih 4 bulan dan sejak 7 th yg lalu dinyatakan CHF oleh dokter spesial jantung th 2010 sesudah di echo kemampuan memompa jantung 26% th 2012 pada waktu mau operasi prostat kemampuannya naik 39% dan terakhir desember 2016 naik 46 % Apakah kondisi jantung membaik?