Sukses

Tidak Haid Selama 8 Bulan, Apa Yang Terjadi?

16 Feb 2017, 04:57 WIB
Pria, 22 tahun.

Hallo dok , saya mau tanya . Saya sudah tdk haid kurang lebih 8 bulan . Dulu waktu saya berumur 19 tahun saya juga sempat mengalami hal serupa . Tp dulu hanya 5 bln saja stlah itu saya haid normal kmbali . Dulu bulan pertama saya tdk mndpt haid ada coklat2 yg kluar spti mau haid tp tak kluar hanya sbtas cklat saja sedikt dan berangsur slma 2-3 hari . Dulu badan saya beratnya hanya 44kg dari SMA sampai tahun llu , susah skli gemuk . Lalu bbrpa bulan ini tepatnya ktka saya tdk mngalami haid berat saya naik 5kg mnjadi 49 . Apakah brt bdn salah stu faktor saya tdk mndpat haid slma 8 bln lamanya ?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tidak mengalami haid dalam dunia kedokteran dikenal sebagai amenorea. Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 bulan pada orang yang sebelumnya siklus menstruasinya teratur, atau tidak menstruasi selama 9 bulan  pada orang yang siklus menstruasinya tidak teratur. Bagaimana siklus haid Anda satu tahun terakhir?

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.
    Mengingat umur Anda baru pada dekade ke dua, kemungkinan ada gangguan atau abnormalitas kadar hormon reproduksi Anda. Amenore sekunder dapat menjadi penyebab ketidaksuburan pada wanita, untuk itu, semakin cepat ditemukan penyebabnya maka dapat segera mendapatkan penanganan yang optimal.

Kainan berat badan yang Anda alami dapat menjadi salah satu kemungkinan penyebab. Namun untuk memastikan, Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan untuk dievaluasi penyebab keadaan ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Sar**

    Saya tidak haid delama 8 bulwn apa kah bida terjadi tidak hamil fok