Sukses

Keluar Flek dari Vagina, Hamilkah?

15 Feb 2017, 23:02 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, tanggal 10 saya berhubungan dengan suami saya menggunakan metode senggama terputus, karena kami tidak ingin memiliki anak dulu, tetapi kemarin suami saya lupa mengeluarkan penisnya sehingga sperma tumpah di dalam, kemudian paginya saya minum pil kontrasepsi darurat, pada tanggal 15 keluar flek kecoklatan dari vagina saya, apakah saya hamil dok? Atau ini hanya efek dari pil kontrasepsi yang saya minum?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Flek coklat sebagai tanda awal kehamilan disebut dengan perdarahan saat implantasi (implantation bleeding). Ini terjadi ketika embrio (bakal janin), menempel ke dinding rahim dan menyebabkan 'luka' sehingga dinding rahim berdarah. Perdarahan saat implantasi ini biasanya terjadi 1 minggu sebelum siklus haid berikutnya dimulai. Apabila memang terjadi pertemuan antara sperma dan ovum, perdarahan ini terjadi pada hari ke-6 hingga ke-12 setelah pembuahan (hubungan intim).

Perdarahan implantasi ini hanya berupa flek atau spotting yang berwarna merah muda atau kecoklatan, bukan merah gelap seperti darah haid. Darah ini juga tidak makin banyak, dan akan menghilang dalam hitungan jam atau hingga 2-3 hari kemudian. Perdarahan ini bisa disertai keluhan kram perut bawah.

Bila memang hamil tentunya akan diikuti oleh periode telat haid dan disertai oleh gejala hamil lainnya seperti mual hingga muntah, rasa cepat lelah, sering berkemih, perut kembung, indra penciuman sensitif terhadap aroma tertentu, dan nyeri tekan pada payudara.

Jika Anda curiga hamil, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan urin atau test pack. Bila Anda tidak yakin dengan hasil test pack saat ini, boleh diulang dalam 1-2 hari ini bila tetap tidak keluar darah haid lanjutan.


Untuk mendapatkan hasil test pack yang akurat, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Selalu catat hari pertama haid terakhir Anda (sebelum tidak haid/telat haid)

2. Sebaiknya lakukan test pack di pagi hari karena kadar hormon beta-hCG akan lebih terkonsentrasi

3. Jangan banyak minum sebelum melakukan test pack, karena itu akan membuat urin Anda lebih encer sehingga kadar hormon beta-hCG kurang terkonsentrasi

4. Selalu baca dengan seksama petunjuk pemakaian test pack di kemasan, petunjuk dapat berbeda tergantung merk yang digunakan

5. Hasil positif bila didapatkan 2 strip yang jelas

Anda boleh mengulang dengan merk test pack yang berbeda agar yakin dengan hasil yang didapatkan.

Bila Anda masih ragu, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan.
Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar