Sukses

Bagaimana Mencegah Timbul Jerawat di Wajah?

15 Feb 2017, 17:05 WIB
Pria, 20 tahun.

jerawat saya sembuhnya lama, kulit saya sensitif jadi saya tidak bisa memakai krim siang atau malam dan memakai pelembab apapun. jika dibiarkan tidak memakai pelembab muka saya jadi kering dan malah timbul jerawat, tapi saya juga tidak cocok memakai pelembab. saya bingung harus bagaimana. saya pernah pacial tapi itu hanya menghilangkan komedo bukan mencegah timbulnya jerawat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter
Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda pasti sangat mengganggu Anda.

Kulit sensitif adalah kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit.

Penyebab pasti jerawat di wajah memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

1. Stress
2. Faktor hormonal
3. Kelenjar minyak yang terlalu aktif
4. Keturunan dari orangtua
5. Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Kondisi kulit sensitif merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain pengobatannya memang membutuhkan kesabaran, juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stress dan sebagainya.

Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Pengobatan yang diberikan dapat termasuk pengobatan luar dan juga obat-obatan minum.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Kami sarankan agar tidak memakai obat tanpa pengawasan dokter, karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk analisa faktor-faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah Anda. 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar