Sukses

menstruasi dan hubungan intim setelah kuret

14 Feb 2017, 14:30 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat siang dok saya sudah sebulan pasca kuret, saya ingin bertanya, kapan menstruasi terjadi setelah kuret? dan kapan boleh berhubungan intim setelah kuret? terima kasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Perubahan pola dan lama haid tidak dipengaruhi oleh tindakan kuret. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari atau mengganti pembalut sekitar 2-4 kali. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Pada umumnya setelah satu minggu dari keguguran dan kuret, darah sudah tidak keluar lagi. Selama, darah yang keluar semakin berkurang maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika darah yang keluar tidak semakin berkurang, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Berhubungan intim pasca keguguran dan kuret boleh saja asalkan sudah tidak ada lagi darah yang keluar dari rahim. Umumnya setelah satu minggu dari keguguran darah sudah tidak ada lagi.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa setelah mengalami keguguran, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Untuk itu gunakanlah kontrasepsi dalam berhubungan intim untuk menghindari kehamilan dalam 3 bulan pertama setelah keguguran.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar