Sukses

Nyeri ulu hati

14 Feb 2017, 11:49 WIB
Wanita, 26 tahun.

Halo Dok, saya seorang ibu muda dengan 1 anak. Sekarang saya sedang program Asi ekslusif. Anak saya umur 3 bulan. Satu bulan setengah setelah melahirkan saya mendapatkan serangan nyeri tak tertahankan di ulu hati dan punggung dan menimbulkan sesak nafas. Sakit itu datang tiba tiba sesaat setelah saya menyusui dan mereda setelah kurang lebih 15 menitan. Satu minggu setelah itu hal serupa terjadi lagi, sesaat setelah asyik telfonan sejam lebih dengan adik saya, saat itu saya akan tidur malam. Lalu kejaduan serupa terulang lagi saat saya sedang berkumpul dengan keluarga saat sore hari. Lalu yg terakhir beberapa hari yang lalu saat malam hari ketika terbangun untuk menyusui dan siang harinya sehabis memandikan anak. Jadi dalam kurun waktu kurang dari 24 jam saya mendapatkan serangan serupa. Kira kira kenapa ya Dok dengan saya? Saya sampai parno mau keluar rumah, takut kambuh pas di luar rumah. Soalnya kalau kambuh saya biasanya langsung ke tempat tidur, mengatur nafas, berusaha untuk tenang dan tertidur. Kalau di luar bingung mau rebahan dimana. Dan sejak serangan sehari dua kali saya sering sesak nafas kalau naik tangga atau menyapudan melakukan kegiatan lain. Kadang juga gak kenapa kenapa walaupun jalan jauh. Mohon jawabannya Dokter. Terimakasih banyak sebelumnya.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri ulu hati dapat disebabkan oleh peningkatan asam lambung (maag), penyakit refluks asam lambung ( Gastroesofageal Reflux Disease/ GERD), maupun gejala dari serangan jantung. Pada penyakit GERD selain merasakan nyeri di ulu hati, pasien dapat merasakan dada yang panas seperti terbakar hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan (esofagus) akibat rusaknya klep antar lambung dan esofagus, selain itu pasien dapat pula merasa asam di lidah. Pada serangan jantung memang biasanya gejala yang timbul adalah nyeri dada sebelah kiri seperti ditekan benda berat, tetapi ada juga sebagian pasien yang mengeluhkan nyeri ulu hati lalu nyeri dapat menjalar hingga ke dada bagian belakang atau menjalar ke rahang atau lengan sebelah kiri.

Sesak dapat disebakan oleh berbagai macam penyebab baik dari paru-paru jantung maupun jantung. Dari paru-paru sesak dapat disebabkan oleh asma, penyakit paru obstruktif kronik, efusi pleura, dsbnya. Pada asma biasanya sesak disertai dengan adanya bunyi "ngik-ngik". Penyebab dari jantung yang paling sering menimbulkan sesak adalah gagal jantung, pasien biasanya mengeluhkan sesak jika beraktifitas dan membaik jika beristirahat, keluhan lain dapat berupa tidur menggunakan lebih dari 1 bantal, sering terbangun malam hari karena sesak. Penyebab lain sesak dapat karena gangguan darah seperti anemia.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan wawancara terarah, pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang untuk menentukan diagnosis dari keluhan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar