Sukses

Pengobatan TBC

14 Feb 2017, 11:34 WIB
Pria, 28 tahun.

selamat malam dokter saya mau tanya.saya batuk dengan di sertai kahak yang kental.sekaligus pilek udah satu bulan lebih pilek dan batuk belum sembuh.namun 4 tahun yang lalu saya udah buat x-ray dan hasilnya positiv TBC dan saya melakukan perobatan dengan meminum obat yg di kasih dokter selama 2 bulan dan bersukur bisa sembuh.dan sekarang saya takut kumat lagi danau beli obat sperti yang di kasih dokter itu gak tahu obat apa.? pertanyaan saya apa penyakit tersebut kumat lagi.trus kalau ia saya minta tolong nama dan resep nya dokter.terimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat. 

Penyakit TBC tidak dapat sembuh hanya dengan mengkonsumsi obatnya selama dua bulan. Dan bila  Anda sekarang mengalami gejala yang sama, kami anjurkan Anda untuk segera ke dokter. Kami sangat melarang Anda untuk mengkonsumsi obat tersebut atas inisiatif sendiri tanpa pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter karena hal tersebut dapat  menyebabkan kuman TBC dalam tubuh Anda menjadi kebal terhadap obat-obatan dan penyakit Anda menjadi sangat sukar untuk disembuhkan.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar