Sukses

VDLR Positif, Bisakah Donor Darah?

14 Feb 2017, 10:18 WIB
Pria, 33 tahun.

SElamat petang dok? Saya heru ,selama ini saya pendonor aktif di PMI kudus dan dinyatakan sehat oleh PMI kudus, kemaren saya medikal chek up gamca di HIGINA malang dinyatakan gak fit katanya ada virus didarahku katanya VDLR POSITIF yang mau kutanyakan JIKA ada virus didarahku gak mungkin darahku di tranfusikan oleh PMI KUDUS untuk saudara2 yg membutuhkan darahku dan berapa lama penyembuhanya terima kasih banyak dokter

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi dari KlikDokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan terkait keluhan ini. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pemeriksaan VDRL (dan TPHA).

VDRL dan TPHA adalah suatu pemeriksaan untuk mengetahui infeksi Treponema pallidum. Treponema pallidum adalah penyebab dari penyakit Sifilis, yang ditularkan melalui hubungan seksual. Seseorang dengan hasil VDRL positif menunjukkan dirinya kemungkinan positif menderita Sifilis. Namun demikian, pemeriksaan VDRL juga bisa menunjukkan hasil positif pada keadaan berikut ini:

  • Infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malaria
  • Penyakit SLE  (Lupus), penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun lainnya.

Bila seseorang mendapatkan hasil VDRL yang positif, untuk mengkonfirmasi apakah mengalami Sifilis atau tidak umumnya dilakukan pemeriksaan TPHA.Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penanganan lebih lanjut.

Sedangkan pertanyaan Anda mengenai darah yang Anda donorkan, PMI sudah memiliki aturan untuk melakukan beberapa pemeriksaan pada darah pendonor sebelum diberikan pada orang yang membutuhkan darah, antara lain pemeriksaan HIV, VDRL, dan Hepatitis B. Jika darah yang Anda donorkan mengandung VDRL yang positif, darah tersebut tidak akan diberikan untuk orang yang membutuhkan transfusi darah. Namun demikian, PMI tidak memiliki kewajiban untuk memberitahukan hal tersebut kepada Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar