Sukses

Seputar Hipnoterapi

14 Feb 2017, 10:02 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter apakah bener hipnoterapi bisa sembuhkan penyakit?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami akan menjelaskan seputar hipnoterapi.

Hipnoterapi adalah terapi yang dilakukan dalam keadaan pasien/subjek terhipnosis. Sejauh ini hipnosis yang dilakukan bertujuan positif dengan cara menanamkan nilai-nilai pikiran positif kepada subjek. Hipnosis banyak digunakan dibidang seperti pengobatan dan olahraga untuk mengubah mekanisme otak manusia dalam menginterprestasikan pengalaman dan menghasilkan perubahan pada persepsi dan tingkah laku.

Hipnoterapi dalam ilmu kedokteran jiwa atau psikiatri adalah bagian dari Psikoterapi. Hipnoterapi adalah salah satu pilihan psikoterapi selain dengan terapi kognitif dan perilaku, terapi interpersonal, psikoanalisis, terapi kelompok dan macam-macam lainnya. Hipnoterapi tidak selalu dilakukan untuk setiap orang, namun dilakukan jika pada pemeriksaan dengan menggunakan wawancara psikiatrik ditemukan bahwa pasien atau klien ini cocok dengan penggunaan hipnoterapi.

Sejauh ini terapi dengan menggunakan hipnoterapi memang tidak dilarang, selama dilakukan oleh tenaga profesional dan benar-benar memahami masalah yang sedang Anda alami, seperti spesialis psikiatri. Jika Anda memiliki permasalahan yang berhubungan dengan masalah kejiwaan (stress, depresi, malas dsb) sebaiknya terlebih dahulu mengunjungi psikiater, sebab dokter ahli kejiwaan telah terbukti secara medis memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai permasalahan kejiwaan, dari hasil pemeriksaan akan ditentukan apakah Anda memerlukan terapi hipnoterapi atau tidak.

Beberapa rumah sakit yang memiliki pelayanan kesehatan jiwa pada umumnya memberikan layanan hipnoterapi.


Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.
Salam sehat,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar