Sukses

Gondongan Bisa Sebabkan Kemandulan

14 Feb 2017, 08:39 WIB
Pria, 20 tahun.

Assalamu'laikum wr wb Selamat sore dok,saya mau tanya,saya dengar di radio kalau penyakit gondokan bisa membuat pria mandul?? Saya beberapa bulan kemaren baru terkena gondokan, saya khawatir,apakah saya mandul atau tidak, mohon penjejelasanya🙏 Terimakasih :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Saudara yang terhormat, mungkin yang Anda maksud adalah penyakit gondongan dapat menyebabkan kemandulan.

Gondongan adalah penyakit yang menyerang kelenjar liur yang disebabkan oleh infeksi virus Paramiksovirus. Secara medis, penyakit ini disebut parotitis  atau mumps. Infeksi ini biasanya ditandai oleh demam bersamaan dengan pembengkakan pada satu atau kedua kelenjar air liur. Kelenjar ini terletak di dekat telinga. Sehingga pada orang gondongan, biasanya terdapat benjolan di daerah belakang telinga yang mendesak cuping telinga ke depan, disertai dengan demam dan rasa nyeri saat makan.

Komplikasi gondongan berupa peradangan di testis (orkitis), peradangan di pankreas (pankreatitis), dan dapat pula menyebabkan radang selaput otak meski jarang terjadi.

Salah satu komplikasi yang paling sering menyerang laki-laki dewasa adalah peradangan pada testis (orkitis) yang dapat menyebabkan kehilangan kesuburan secara permanen (kemandulan), meskipun hal ini jarang sekali terjadi. Oleh karena itu, laki-laki dewasa yang menderita gondongan harus  berkonsultasi dan diobati oleh dokter  supaya tidak terjadi komplikasi kemandulan yang permanen.

Penyakit gondok seperti yang Anda sebutkan merupakan penyakit pada kelenjar tiroid. Hal tersebut umumnya tidak berkaitan dengan kemandulan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar