Sukses

Mensturasi yang begitu lama

13 Feb 2017, 17:49 WIB
Wanita, 33 tahun.

Malam dr Sya mau bertanya dr..saya sdh 5bln menikah..2bln ini saya mengalami haid yg mnrt kebiasaan saya lebih lama sekitar 9hr dari biasanya. Dan pd haid hari pertama sampai haid hari 5 deras dan keluar spt gumpalan darah berwarna merah gelap,,stlh itu Biasanya pd hr ke 7 sdh bersih, tp 2bln blkngn ini pd hari ke 7 dan ke 9 msh ada haid tp sedikit saja berwarna merah..kadang wkt buang air kecil keluar sewkt saya membersihkn daerah V sya dg tangan saya ada darah spt lendir sedikit..apa kah ini normal dr?apa yg harus saya lakukan??mohon petunjuknya dr..tmksh sblmnya

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menyimpulkan terlebih dahulu informasi yang Anda sampaikan. Keluhan Anda adalah menstruasi sedikit memanjang. 

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
stres psikologis
atlit
kekurangan vitamin K
penggunaan obat-obatan tertentu
kelainan pembekuan darah
gangguan hormon tiroid, dsb

 

Jika menstruasi memanjang tidak lebih dari 1 bulan maka Anda tidak perlu khawatir.  Warna menstuasi memang bervariasi bisa merah gelap dan berbentuk gumpalan. Darah menstruasi yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang dan hal ini merupakan hal yang normal.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar